Kamis, H / 28 Maret 2024

Pentingnya Internalisasi Core Values BUMN AKHLAK, INHAN Jadi Kunci Utama VUCA Era di Indonesia

Selasa 04 Aug 2020 15:52 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ary Ginanjar Agustian

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Senin (3/8/2020), diadakan event Internalisasi Core Values BUMN AKHLAK. Di lingkungan BUMN Cluster Industri Pertahanan (INHAN). Via Zoom Meeting dan Channel Youtube Pindad Corporate University.


Di awali dengan sambutan dari Ketua Tim Percepatan Pengembangan Industri Pertahanan.


“Setiap perusahaan pasti memiliki budaya yang berbeda-beda. Namun sesuai arahan Kementrian BUMN per 1 Juli 2020, setiap BUMN wajib menerapkan Core Values BUMN menjadi corporate culture. Tanpa mengurangi bahkan menambahkan Core Values AKHLAK. Core Values tersebut kita jadikan perekat dan identitas budaya kerja yang mendukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan,” papar Zakky Gamal, Len Industri.


<more>


Sejatinya, Budi Gunadi Sadikin (Wakil Menteri I Kementerian BUMN) diperkenankan hadir sebagai Keynote Speaker. Namun beliau sedang berhalangan.


Acara ini pun diikuti oleh: Jajaran Dewan Komisaris, Jajaran Dewan Direksi, Pejabat BOD 1 dan BOD 2 (PT Dahana, PT Dirgantara Indonesia, PT Len Industri, PT PAL Indonesia dan PT Pindad). Kemudian dua narasumber lainnya yaitu Ary Ginanjar Agustian (CEO ESQ Group) dan Alex Denni (Deputi Bidang SDM, Teknologi & Informasi Kementerian BUMN).




Alex Denni menjelaskan garis besar dari transformasi, salah satunya dalam hal SDM. Yang sudah digaungkan sebelumnya oleh Presiden RI Jokowi. Mengenai pengembangan SDM sebagai salah satu prioritas yang penting. Untuk menghindari ketertinggalan dengan negara lainnya.


“Hal ini bersangkutan dengan prioritas yang digalangkan oleh BUMN, yaitu ada 5 point,” tutur Alex.


1. Melakukan Business Model Innovation

2. Membangun Technology Leadership

3. Energize Investment

4. Unleash Talent

5. Economic and Social Value for Indonesia




“Transformasi era VUCA begitu dahsyat yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity dan Covid-19. Bahkan tahun 2043 itu sumber daya alam kita yang terkaya seperti air, energi di Indonesia akan jadi pusat perhatian dari negara lainnya. Sehingga Industri Pertahanan ini menjadi kunci atau peran yang utama. Namun, jenis senjata atau kunci seperti apakah itu?” tanya Ary di hadapan 580 peserta.


Ada dua kuncinya yaitu pertahankan Core Values dan Core Purpose. Itulah kunci dasar ketika kita menghadapi persaingan bisnis atau berkompetisi.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA