Minggu, H / 14 Juli 2024

Parenting, Perilaku Orangtua yang Membuat Anak Jadi Egois

Selasa 15 Jun 2021 09:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: gettotext.com

ESQNews.id, JAKARTA - Perilaku anak adalah cerminan dari tingkah laku orangtuanya. Si kecil akan meniru perilaku yang sering ditunjukkan oleh orangtuanya.


Oleh karena itu, jadilah panutan yang baik bagi buah hati. Bantulah si kecil untuk memiliki kemampuan menyadari keberadaan orang lain dan memahami isi hati orang lain. Karena itu termasuk salah satu fase tumbuh kembang sang anak.


Tetapi ia masih belum terampil dan memahami cara berperilaku sebagai sebuah bagian dari masyarakat.


Ajarkanlah aturan dan norma-norma yang baik kepada si kecil, sehingga ia tidak tumbuh menjadi anak yang egois.


Berikut adalah contoh-contoh perilaku orangtua yang benar dan tidak menurut akun parentingdunia:


1.     Kesempatan anak mempelajari aturan/norma sosial bukan hanyalah dari orangtua saja, melainkan juga dari orang dewasa lainnya. Berikanlah kesempatan kepada anak untuk bisa tumbuh menjadi manusia sosial yang sehat.


<more>


2.     Ketertiban umum adalah aturan yang dibuat agar masyarakat bisa berhubungan dengan baik, hidup dengan damai dan harmonis. Karena itu, Andalah yang harus jadi panutan anak dalam mentaati tata tertib yang ada.




3.     Sifat egosentris memang ada pada setiap anak, tetapi semakin usia anak bertambah, ia juga harus memahami cara berinteraksi dengan orang lain. Ajarkanlah anak cara mengekspresikan keinginannya dengan baik-baik.




4.     Anak adalah cermin orangtua. Perlihatkanlah sosok Anda yang bertenggang rasa dan mentaati aturan di setiap suasana, meskipun kelihatannya sepele. Anak akan mempelajari banyak hal dari perilaku yang Anda perlihatkan kepadanya.




Terkadang dengan alas an ‘demi anak’, banyak orangtua yang sering tanpa sadar mengganggu kenyamanan orang lain di sekitarnya. Tanpa sadar, orangtua seperti inilah yang akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang egois.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA