Selasa, H / 18 Mei 2021

Parenting di Pemprov DKI: Bahagia Mendidik, Mendidik Bahagia

Jumat 22 Mar 2019 19:18 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Peran keluarga sangatlah penting untuk anak-anak, terutama didikan dari para orang tua

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA – Kajian Muslimah Balaikota Pemprov DKI menghadirkan Ida S. Widayanti, pakar parenting ESQ pada (3/22). Sekitar 70 peserta yang hadir banyak dari kalangan baik intern Pemprov maupun dari instansi lain. Seminar ini dilaksanakan di Ruang seribu wajah lantai 22 Gedung Balaikota DKI jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta. Kajian kali ini mengupas tuntas mengenai pentingnya mendidik anak-anak. 


Menurut Ida, lingkungan yang paling berperan penting dalam perkembangan anak yaitu keluarga. Sehingga orangtua ekstra bertanggungjawab dalam mendidik anak demi mencapai KEBAHAGIAAN. 


"Faktanya, era modern ini anak-anak lebih asyik sendiri dengan dunia mereka yaitu dunia maya, gadget dan lainnya. Anak menjadi seperti itu karena mereka bosan, lonely, angry, stress sehingga pelampiasan mereka ke Medsos," ujar Coach Ida


Bagaimana mendidik anak dengan mudah dengan menyenangkan sehingga mereka tidak hanya sibuk dengan dunianya? Kuncinya adalah komunikasi, karena 90% masalah keluarga disebabkan oleh cara yang salah dalam menyampaikan hal yang positif pada anak. Banyak orangtua yang cenderung mengatakan yang tidak diinginkan bukan yang diinginkan.


“Saat anak-anak, menangis, biasanya orangtua berkata, ‘Tuh kan cengeng lagi, rewel lagi! Pasti nangis deh!’ Akhirnya anak-anaknya benar-benar menangis.” 


Untuk itu Ida memberikan tips yaitu: harus selaras dalam pikiran, perasaan, tindakan dan ucapan antara orangtua dengan anak.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA