Jumat, H / 19 April 2024

Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri sebagai Perdana Menteri Malaysia

Selasa 25 Feb 2020 14:53 WIB

Reporter :AA

Mahathir Mohamad

Foto: APNews

Yang di-Pertuan Agong akan memastikan kelompok mayoritas yang akan menentukan perdana menteri baru.

ESQNews.id, JAKARTA – Pada Senin (24/2/2020) kemarin, Yang di-Pertuan Agong telah menerima pengunduran diri Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri. Namun, Agong menunjuk Mahathir kembali sebagai perdana menteri sementara. Sebelumnya, Mahathir telah bertemu Yang di-Pertuan Agong untuk menyampaikan surat pengunduran dirinya. Mahathir mengundurkan diri untuk membentuk kabinet baru dan koalisi baru.


Yang di-Pertuan Agong akan mewawancarai semua anggota parlemen satu per satu untuk memastikan siapa kelompok mayoritas pada Dewan Rakyat dan menjadi perdana menteri berikutnya. Yang di-Pertuan Agong  Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah akan mewawancarai semua anggota parlemen Malaysia, pada hari ini dan besok, ujar Istana.

<more>

Pengawas keuangan rumah rangga kerajaan untuk Istana Negara Ahmad Fadil Shamsuddin mengatakan raja akan mewawancarai setiap anggota parlemen selama dua hingga tiga menit, seperti dilansir Bernama. Pengumuman istana itu menyusul perkembangan politik di tengah pembicaraan bahwa akan ada penataan koalisi partai yang berkuasa.


Kepala Sekretaris Pemerintah Mohd Zuki Ali akan hadir pada wawancara tersebut, Ahmad Fadil mengatakan pada konferensi pers khusus di istana. Dia mengatakan wawancara tahap pertama akan dimulai pukul 2.30 sore dengan 90 anggota parlemen. "Sesi ini akan dilanjutkan besok dengan anggota parlemen lainnya," kata dia.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA