Minggu, H / 29 Januari 2023

Layang-layang dari Gaza diduga Picu Kebakaran di Israel

Rabu 18 Jul 2018 11:09 WIB

-

Kebakaran di Israel

Foto: BBC

Tentara Israel menuding aktivis di Jalur Gaza menyebarkan senjata udara buatan berupa layang-layang yang membakar wilayah Israel.


ESQNews.id, YERUSALEM - Laporan media Israel mengatakan Layang-layang pembakar dan balon api yang diluncurkan oleh aktivis Palestina di Jalur Gaza kembali menyebabkan beberapa kebakaran di dalam wilayah Israel pada Senin (16/7) kemarin.


Harian berbahasa Ibrani Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa setidaknya tujuh kebakaran lagi telah pecah di dalam wilayah Israel - termasuk satu dekat Ashkelon dan satu lagi dekat Karmia - sebagai akibat dari senjata udara rakitan.


Pada Minggu, sebuah pesawat perang Israel menargetkan sekelompok aktivis Palestina yang meluncurkan layang-layang dan balon api di dekat pagar perbatasan Gaza-Israel.


Laporan seorang koresponden Anadolu Agency di daerah itu, serangan yang tampaknya gagal itu lagi-lagi menyebabkan korban jiwa terjadi di timur kota Gaza, Deir al-Balah.


Tentara Israel mengatakan bahwa serangan tersebut menargetkan tim pejuang Hamas yang meluncurkan "balon pembakar" ke wilayah Israel.


Dalam beberapa pekan terakhir, aktivis Palestina di Gaza telah menerbangkan layang-layang dan balon api ke wilayah Israel sebagai bagian dari aksi unjuk rasa berkelanjutan di sepanjang pagar Gaza-Israel yang dimulai pada 30 Maret.


Sejak demonstrasi dimulai, lebih dari 130 warga Palestina telah menjadi martir - dan ribuan lainnya terluka - oleh tembakan tentara Israel.


Para pengunjuk rasa menuntut "hak untuk kembali" ke rumah dan desa mereka di Palestina, di mana mereka diusir pada 1948 untuk memberi jalan bagi negara baru Israel.


Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 11 tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah menghancurkan ekonomi di wilayah pesisir itu, dan mencabut sekitar dua juta penduduknya dari banyak komoditas pokok.


Source: Anadolu


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA