Jumat, H / 22 Oktober 2021

Virtual Tour Aqsha, Imam Besar Masjid Al Aqsha: Sedih Karena Al Aqsha Tidak Penuh

Minggu 18 Jul 2021 13:05 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Sheikh Yusuf Abu Sneneh (Imam Besar Masjid Al Aqsha)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – ESQ Tours Travel gelar acara pada Minggu, (18/7/2021) secara daring. Tema yang dibawakan kali ini yaitu “VIRTUAL JOURNEY LIVE FROM AQSHA.” Ada sekitar 300 orang yang hadir dalam forum zoom meeting itu.

 

Tujuan acara ini selain silaturahmi dengan saudara muslim di Aqsha, sekaligus mengobati rasa rindu umat muslim sedunia khususnya Indonesia yang tertunda keberangkatan haji serta umrahnya.

 

Untuk itu, M. Solihin (GM ESQ Tours), Hasan (Moderator) memandu jalannya acara hingga selesai. ESQ Tours turut mengundang Sheikh Yusuf Abu Sneneh (Imam Besar Masjid Al Aqsha) dan Mutaz Malkawi (Tour Guide).



<more>

 

Ratusan peserta bisa melihat langsung aktivitas yang ada di Masjid Al Aqsha secara langsung lewat layar zoom. Kemudian setelah shalat berjamaah di Masjid Al Aqsha itu, Sheikh Yusuf menyapa peserta dan tim ESQ Tours.

 

Ia mengucapkan terimakasih kepada tim ESQ Tours dan rakyat Indonesia yang sudah mau bergabung di forum ini.



 

“Saya rindu suasana yang dulu, banyak para jamaah umrah dan haji dari seluruh dunia ke sini. Tepatnya ke Masjid Al Aqsha. Saya sedih karena di Masjid Al Aqsha tidak penuh seperti biasanya,” katanya dengan bahasa Arab yang fasih dan diterjemahkan oleh Mutaz.

 

Pria berkopiah putih itu mengaku sedih karena biasanya yang shalat di masjid itu tak hanya orang Palestina saja namun seluruh dunia.



 

“Saya berharap pandemic ini segera berlalu. Sehingga umat Islam dari seluruh dunia bisa berkumpul lagi. Saya doakan khusus untuk Indonesia agar apa yang terjadi di sana lekaslah pulih, aamiin.”

 

Terlihat dari layar zoom, para peserta ada yang meneteskan air mata, terharu, menengadahkan tangannya dan lain-lain.

 

Setelah paparan singkat dari Imam Besar Masjid Al Aqsha itu, peserta di ajak menjelajahi wilayah Aqsha tersebut secara virtual. Ketika kamera diarahkan ke tempat-tempat bersejarah itu, beberapa peserta mengaku seperti berada di sana.



 

Salah satu peserta bernama Rose menuliskan ini di kolom chat, “Masya Allah, indah sekaliii masjidil aqsha. Mudah-mudahan bisa ke sana ya Allah, aamiin.”

 

Solihin bersama tim juga turut meng-amin-kan dan mendoakan agar dalam waktu dekat ini, tepatnya bulan Agustus 2021 akan diadakan umrah kembali.


“Semoga Indonesia dan seluruh dunia cepat pulih, agar kita bisa menunaikan ibadah umrah dan haji lagi, aamiin,” kata pria yang akrab disapa Om Sol itu.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA