Jumat, H / 29 Maret 2024

Inilah Penghargaan AKHLAK Award 2 untuk IFG dari ACT Consulting, Hexana Tri: Targetnya Itu Sampai ke Internalisasi dan Harus A di 2023

Senin 22 Aug 2022 23:24 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Graha CIMB Niaga Jakarta jadi saksi Penyerahan Penghargaan AKHLAK Award 2 kategori Indeks Implementasi AKHLAK di Klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun serta Kategori BUMN Kolaboratif. Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting/ESQ Group) berikan piagam dan piala secara langsung kepada Wakil Dirut Indonesia Financial Group (IFG) Hexana Tri  Sasongko.



 

Ajang AKHLAK Award digelar oleh ACT Consulting yang turut mengundang Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron serta seluruh jajaran direksi BUMN di dalamnya. Seluruh BUMN dan Anpernya yang menerima penghargaan dengan berbagai kategori disebutkan satu per satu pada 5 Juli 2022 secara daring.

 

Salah satu yang mendapat penghargaan AKHLAK Award 2 yaitu IFG. Dan penghargaan yang diraih ini sebagai bukti komitmen IFG beserta Anpernya dalam menerapkan core values BUMN yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif dalam setahun terakhir.


 

Wakil Dirut mengatakan, “Kami meletakan core values budaya ini untuk membangun organisasi. Dan ini mempermudah kami memformulasikan nilai nilai dasar ketika kami sedang membangun perusahaan baru.”

 

“Salah satu nilai yang hasilnya baik yaitu kolaboratif, sehingga kolaborasi menjadi ciri khas membangun organisasi. Oleh kerena itu IFG sangat terbantu dengan pencanangan core values AKHLAK dari Pak Menteri. Targetnya itu sampai ke internalisasi dan memiliki nilai A di tahun 2023,” sambungnya.



 

Sebagai informasi, Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Perasuransian dan Penjaminan itu beranggotakan PT Jasa Raharja, PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, PT Bahana Kapital Investa, dan PT Grahaniaga Tata Utama.

 

Selain Wadirut, yang hadir dalam forum tersebut di antaranya Rizal Ariansyah (Direktur Keuangan dan Umum), Gede Suhendra (Kadep Corporate Communication), Sandra (Kadiv SDM dan plh kadiv pembelajaran & budaya perusahaan), Tim Culture IFG dan lainnya.



 

“AKHLAK Award ini merupakan hasil kolaborasi ACT Consulting dengan Kementerian BUMN untuk memberikan kami wawasan dan motivasi semua BUMN itu. Tujuannya agar benar benar mengimplementasikan AKHLAK yang sudah ditetapkan oleh Pak Menteri. IFG cepet merespon, sehingga awal awal AKHLAK dicanangkan, kami sudah melakukan sosialisasi dengan Pak Ali dari ACT Consulting,” ungkap Rizal.

 

Rizal mengakui bahwa tantangan yang paling berat untuk mengimplementasikan budaya kerja yakni karena ekspektasinya semakin naik. Untuk itu, ia menghimbau kepada tim budaya agar mengaplikasikan AKHLAK ini dalam kinerja keseharian bukan hanya menjadi artefak atau symbol saja.

 

“Seperti yang disampaikan Pak Ary bahwa antar budaya kerja dengan strategi atau sistem bisnis harus seimbang. Kemudian juga role model menjadi syarat utama. Tak sekedar ada berapa banyak jumlah kegiatan namun sudah mulai masuk pada impact terhadap kinerjanya,” sambung pria yang kenakan batik itu.


<more> 


Seperti yang diketahui bersama, Kementerian BUMN gencar menggaungkan dan mengimplementasikan budaya kerja atau core values AKHLAK. Untuk itu secara periodik diukur juga sejauh mana implementasinya. ACT Consulting yang membantu Kementerian BUMN menyusun panduan perilaku dan sekaligus melakukan assesmentnya, telah kembali meng-update hasil kajiannya pada periode September 2020 - Juli 2022 sejak AKHLAK diluncurkan pada Juli 2020. 

 

Metode penyusunan dan pengukuran AKHLAK tersebut dinamakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai dari BUMN yang diukur. Dari hasil survei tersebut, diperoleh indeks internalisasi AKHLAK, sesuai persepsi responden terhadap nilai dan perilaku yang sudah diimplementasikan di organisasi. ACT Consulting sebagai konsultan transformasi budaya organisasi, yang berpengalaman membantu berbagai organisasi dalam 10 tahun terakhir, terpanggil untuk juga turut mensukseskan dan mendorong terwujudnya BUMN ber-AKHLAK.

 

“Sekali lagi selamat kepada IFG mendapat dua penghargaan, tahun 2023 mudah mudahan bisa A ya seperti harapan Wadirut tadi,” kata Ary sambil tersenyum.

 

“Saya jelaskan terlebih dulu rata-rata AKHLAK Implementation Index Kementerian BUMN yakni 44,5% dari 176 BUMN beserta Anpernya. Sedangkan IGF sebesar 50,5% artinya di atas rata-rata BUMN secara keseluruhan. Dimana 4 dari 6 nilai AKHLAK berada di atas nilai rata-rata BUMN, yaitu nilai Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif,” lanjutnya.




Pendiri Menara 165 itu menyampaikan juga lebih lengkap pemenang AKHLAK Award yang berada dalam entitas IFG Group seperti Jamkrindo, Askrindo, Jasa Raharja sebagai Kategori Anak Perusahaan BUMN di Klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun (CLUSTER GENERAL INSURANCE & SURETY BOND) sedangkan Bahana TCW Investment Management dan Grahaniaga Tatautama sebagai Kategori Anak Perusahaan BUMN di Klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun (CLUSTER CAPITAL MARKET DAN INVESTMENT).


“Yang saya tangkap dari hasil ini adalah bahwa nilai Harmonis, Adaptif, dan Kolaboratif merupakan tiga nilai yang menjadi kekuatan IFG Group saat ini. Secara pribadi, pegawai di masing-masing entitas memiliki fokus untuk senantiasa mengembangkan diri, memahami pentingnya membangun hubungan interpersonal, dan menjaga kohesifitas,” ungkap Ary.


Penulis Buku AKHLAK pun menjelaskan bahwa metode pengukuran dari ACT Consulting dilakukan secara transparan untuk BUMN, juga dilakukan untuk memetakan Kementerian dan Lembaga lainnya sehingga Indonesia menggunakan alat ukur atau penggaris yang sama. Sebagai informasi, saat ini ACT Consulting sedang mengukur 623 Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah total yang sedang dilakukan pengukuran yaitu sebanyak 4.286.918 orang.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA