Minggu, H / 14 Juli 2024

Cara Ajarkan Anak Nyaman dengan Aturan (2)

Senin 04 Jan 2021 09:24 WIB

Author : Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: alamy.com

Si ibu tentu saja kaget, ia merasa malu. Sekilas ia melihat pengumuman tersebut, namun tidak memperhatikan isinya. Meskipun yang dilakukannya hanya menyentuh secara pelan-pelan, namun ia merasa telah memberi contoh tidak baik tentang pentingnya menaati aturan.

 

Dua kisah di atas, menunjukkan tentang anak-anak yang sudah paham tentang apa itu aturan. Keyvan secara spontan dapat melihat sesuatu yang menurutnya tidak sesuai dengan aturan makan.

 

Aisyah, anak perempuan itu, sudah menyadari bahwa segala sesuatu ada aturannya. Ia pun paham bahwa aturan dibuat agar kita aman berinteraksi dengan yang lain setiap hari.



<more> 


Karena itu, mereka sudah merasa nyaman dengan aturan. Dalam keseharian, kita kerap melihat bahwa orang dewasa tidak memberi contoh tentang komitmen menjalankan aturan, bahkan dari hal-hal kecil.

 

Oleh karenanya, di Indonesia sering kali aturan seolah dibuat untuk dilanggar. Lihatlah, jika ada papan yang bertuliskan ”dilarang membuang sampah” di situ bisa dipastikan akan ada timbunan sampah.


Fenomena ini sangat ironis. Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, namun kesadaran menjalankan aturan sangat rendah.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA