Jumat, H / 29 Maret 2024

Bersyukur Atas Apa yang Sudah Terjadi

Rabu 25 Aug 2021 17:39 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: storyblock.com

Oleh: Lina Maryani


ESQNews.id, JAKARTA - Terkadang sering kali kita sebagai manusia berambisi untuk mendapatkan sesuatu hal yang sangat diinginkan, tentunya hal tersebut adalah sesuatu yang sangat wajar dan sangat manusiawi. Akan tetapi perlu diingat bahwa tidak semua keinginan yang kita kejar dapat Allah wujudkan. Mengapa ? seperti yang sudah Allah jelaskan pada QS. Al-Baqarah ayat 216:


“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia sangat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”


Surat Al-Baqarah ayat 216 menjelaskan bahwa apapun yang telah Allah takdirkan terhadapmu adalah hal yang terbaik untuk dirimu. Walaupun tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, percayalah bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang paling baik untukmu di masa sekarang dan di masa yang akan datang.



Kecewa memang! Tetapi bisa jadi Allah mempunyai alasan untuk tidak mewujudkan apa yang kamu inginkan supaya kamu terhindar dari musibah atau masalah yang akan membuatmu jauh lebih kecewa di kemudian hari. Wallahu a’lam.


Lantas bagaimana cara untuk mengatasi kekecewaan hati apabila apa yang kita inginkan tidak tercapai? Kuncinya adalah BERSYUKUR. Bersyukur atas apa yang telah Allah berikan untuk saat ini, bersyukur atas apa yang telah Allah takdirkan, dan bersyukur atas hal-hal kecil yang tanpa disadari sangatlah bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.


<more>


“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-ku), maka sesungguhnya azab-ku sangat pedih.’ (Ibrahim:7)”


Ada banyak sekali manfaat apabila kita mensyukuri atas apa yang telah Allah berikan, salah satunya Allah akan menambah nikmat di dalam kehidupan kita sendiri, nikmat yang membuat kita takjub dan lupa betapa pedihnya rasa kecewa. Selain itu, bersyukur adalah salah satu cara seorang hamba untuk berterima kasih kepada Allah SWT. Dengan bersyukur artinya kita sudah mampu untuk mengikhlaskan segala sesuatu hal yang sudah ditakdirkan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA