Jumat, H / 19 April 2024

Telinga Buatan dari 3D Printing

Senin 04 Mar 2019 10:41 WIB

Reporter :Redaksi

Telinga Buatan dari printer 3D

Foto: ABC

ESQNews.id, SIDNEY - Belum lama ini sebuah artikel dari ESQNews.id sempat membahas potret masa depan dalam Film Alita Battle Angel. Salah satu gambaran masa depan dalam film tersebut adalah tergantikannya organ manusia dengan mesin.


Hal tersebut mungkin saja bisa segera terjadi. Pasalnya, penelitian yang dilakukan di Australia bisa melahirkan organ buatan yakni daun telinga.


Dilansir dari kantor berita ABC, anak-anak dengan kelainan bentuk telinga akan segera bisa mendapatkan telinga cetakan yang dibuat dari sel induk mereka sendiri, menurut tim peneliti dari Universitas Wollongong di New South Wales (NSW) yang bekerja pada teknologi bioprinting 3D baru.


Para peniliti tersebut mengklaim pekerjaan ini sebagai "terobosan besar" dibidangnya.


Bio-printer, yang disebut 3D Alek, dikembangkan di University of Wollongong dan sekarang sedang diujicobakan di Rumah Sakit Pangeran Alfred di Sydney, New South Wales (NSW).


Tugas pertama bio printer 3D Alex adalah merancang dan membuat telinga manusia yang dicetak secara 3D untuk mereka yang memiliki kelainan bentuk, terutama anak-anak dengan cacat bawaan seperti mikrotia, dan jika tidak akan memerlukan pembedahan yang kompleks.


Profesor Gordon Wallace, Direktur Pusat Riset Ilmiah ARC dibidang Ilmu Elektromagnetik di Universitas Wollongong, mengatakan pengembangan tinta bio yang tepat, dikombinasikan dengan printer yang sesuai telah menghadirkan terobosan besar.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA