Senin, H / 28 November 2022

Potret Masa Depan dalam Film Alita Battle Angel

Jumat 15 Feb 2019 09:42 WIB

Reporter :Redaksi

Alita Battle Angle

Foto: geektryant

ESQNews.id JAKARTA - Sekilas ketika menonton di 15 menit pertama dari film Alita Battle Angle, narasi yang dibangun tidak asing lagi bagi penggemar film robotik, khususnya film animasi robot pertama di dunia, Astro Boy. Begitu juga film Alita, tentang Iron City kota di atas permukaan bumi dan Zalem sebagai kota terapung yang berada di atas Iron City.


Alita ditemukan oleh seorang dokter yang berhasil membuat manusia Cyborg yang sudah menjadi rongsokan itu kembali hidup. Alita menjadi peran utama dan memerankan sisi seorang manusia bertubuh robot remaja yang penuh emosional.


Berikut adalah beberapa fakta unik yang mungkin terjadi di masa depan yang digambarkan dari film Alita Battle Angel.


1. Kemiskinan dan Kesenjangan Sosial


Kota terapung Zalem digambarkan sebagai dunia yang tak terjangkau oleh manusia kelas bawah. Zalem adalah kota terapung yang dibuat untuk memberikan batasan pada manusia yang tidak memiliki koneksi akses ke tempat tersebut.


Jika kita melihat fakta kota terapung Zalem dan kota di bawahnya, Iron City. Itu bisa menggambarkan prediksi Bos Alibaba, Jack Ma yang mengatakan kelak di masa depan tidak ada lagi perang militer melainkan perang melawan kemiskinan.


Jack Ma mengatakan, di masa depan akan terjadi kemiskinan masal karena era robotik. Hal tersebut bisa terjadi karena seluruh pekerjaan diambil alih oleh para robot.


Film Alita menggambarkan bagaimana kesenjangan Zalem dan Metro City. Dikisahkan dalam cerita tersebut, seorang kekasih Alita memimpikan bisa menetap di kota terapung Zalem dan harus membayar mahal untuk itu, termasuk harus bekerja mencuri bagian-bagian badan dari Cyborg lainnya di Iron City.


2. Jatuh Cinta dengan Cyborg


Percintaan yang kini dianggap hal yang mustahil kemungkinan besar bisa menjadi hal yang lumrah di masa depan. Dalam film tersebut, drama percintaan terjadi dari seorang manusia kepada seorang Cyborg.


Tentu hal tersebut aneh. Tapi percaya, di tahun ini pun ada banyak orang jatuh cinta dengan sebuah benda mati dan menikahinya. Salah satu contohnya adalah seorang wanita Jepang yang hanya ingin menikah dengan tokoh karakter Anime. Wanita yang bernama nene Anegasaki tidak ingin menikah selain dengan tokoh karakter Anime serial Dragon Ball yakni Lord Freeza.


Kapan hal tersebut terjadi? Hari ini sudah terjadi. Bahkan tidak hanya itu, seorang pria di Jerman pun sudah menikahi tembok Berlin. Aneh? percaya atau tidak, itu nyata!


3. Teknologi Robotik Pengganti Organ Manusia


Kemajuan teknologi saat ini tidak hanya dikembangkan untuk memudahkan manusia bekerja, melainkan juga untuk memperpanjang hidup manusia. Contoh yang paling sering kita temukan saat ini adalah fungsi ginjal yang bisa digantikan dengan mesin cuci darah.


Mungkin saat ini mesin cuci darah berbentuk cukup besar dan merepotkan. Begitu juga dengan komputer temuan pertama di masa lalu yang besarnya hampir seperti lapangan bola basket. Namun efisiensi dari kemajuan teknologi memberikan kemudahan kita untuk perangkat komputer yang saat ini bisa kita genggam di mana saja.


Mungkin saja di masa depan, alat cuci darah bisa langsung ditanamkan di tubuh dan tak perlu lagi masuk ke ruang hemodialisa.


Gambaran organ-organ manusia yang digantikan oleh mesin begitu akrab di film Alita Battle Angle. Alita sendiri bukanlah manusia utuh. Bagian dari manusia di tubuh Alita hanya organ otak yang masih befungsi seperti manusia. Selebihnya, perangkat teknologi canggih sebagai penggantinya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA