Jumat, H / 29 Maret 2024

Pentingnya Mempelajari Ilmu Statistika

Kamis 26 Sep 2019 11:28 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: cefor.no

Ilmu statistik sangatlah penting. Salah satu fungsinya adalah sebagai landasan dalam menentukan kebijakan publik.

ESQNews.id, JAKARTA - Sta.tis.tik menurut KBBI adalah catatan angka-angka (bilangan) atau perangkaan. Data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

Pentingnya mempelajari ilmu statistik, digunakan sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan publik sehingga harus dihimpun dengan komprehensif agar kebijakan yang diambil akurat menurut Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto, 2017.

Melansir dari queppercampus BPS merupakan Lembaga resmi yang memberikan informasi, serta bisa diakses mulai dari angka kependudukan, pendapatan, sampai indeks anti korupsi negara kita.

Tidak hanya untuk kepentingan umum, statistik juga penting bagi kita dalam mengambil keputusan! Mulai dari menentukan sekolah, pemilihan mobil, tempat tinggal, jurusan kuliah, hingga pemimpin negara!


Aplikasi untuk mempermudah sebuah tumpukan data kemudian di olah sudah banyak sekali jenisnya. One touch statistics, aplikasi mobile yang berisi data-data strategis dan terkini di Jawa Tengah bisa di unduh di Google Play Store.


Ini dia fakta-fakta menarik mempelajari ilmu statistik:


. Populasi di dunia telah tumbuh sebanyak 22 kali lipat

. Terdapat lebih banyak pohon di bumi daripada bintang di rasi bintang

. Apel lebih efektif untuk membuat kamu terbangun dipagi hari dibandingkan dengan kopi

. Netflix memberikan rekomendasi film yang telah kamu tonton.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA