ESQNews.id, SOLO - Untuk menyiapkan para pimpinan cabang supaya bisa memahami operasional secara utuh dan menyeluruh di fase banyaknya perubahan terjadi, Corporate University Pegadaian (Kampus Solo) membuat kolaborasi bersama ACT Consulting International dalam membangun etos kerja yang berhubungan dengan operasional bisnis Pegadaian.
Kegiatan berlangsung pada tanggal 15 dan 27 Mei 2023 di Kampus Solo PT. Pegadaian, Jl. Slamet Riyadi dengan fasilitator yaitu Coach Eka Chandra (kader dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian sebagai Founder ACT Consulting International atau ESQ Group).

Dengan upaya mendukung agar program berlangsung lancar, Arifmon selaku kepala divisi Corporate University Pegadaian membuka dengan beberapa kata menyambut para peserta dan memberi sapaan untuk tim ACT Consulting International.
“Brand Manager Leadership Course adalah bentuk dari upaya membentuk karakter kepemimpinan, inilah yang kami lakukan untuk mementingkan karakter terlebih dahulu pada pimpinan cabang Pegadaian sebelum kompetensi.
Saya membaca, bahwa panglima perang Amerika pernah ditanya oleh wartawan ketika jenderal diberikan dua pilihan pemimpin pasukan lapangan, apa yang dipilih antara karakter dan kompetensi? Karakter.”

Bagi Arifmon, jika orang sudah berkarakter, kompetensi mudah saja bagi dirinya. Belajar bisa didapatkan dari mana saja dia inginkan. Ada karakter yang kuat untuk mendorong dirinya terus belajar tidak menyerah.
Namun apabila didapati seorang pemimpin hanya mengandalkan kompetensinya tanpa karakter, itu berbahaya.
Banyak sekali perusahaan yang hancur karena pemimpin yang tidak berkarakter.
“Sehingga, yang kami hormati tim ACT Consulting International, terima kasih atas kolaborasi dan support-nya. Semoga program ini dapat menjadi amal jariyyah bagi ACT Consulting International.”
<more>
Selain Program Brand Manager Leadership Course yang disuguhkan kepada para Brand Manager seluruh Area Pegadaian, mereka juga mendapat ilmu dari ACT Consulting International yang diberi nama program Winning Mindset Toward Business Growth.
Dalam program tersebut digali lebih jauh oleh Coach Eka dengan beragam materinya, saling sharing, diskusi dan lain lain. Sehingga peserta tampak enjoy mengikuti perhelatan ini.
Para peserta mengaku banyak impact yang bisa diraih pasca acara tersebut.
Seperti halnya, dalam penjabaran materi yang diberikan dalam program Brand Manager Leadership Course disebutkan ada tujuh kunci sukses strategic management.
Disebutkan kembali oleh Yusran, peserta program yaitu berperan teguh pada strategi, adanya keselarasan penugasan pegawai, kejelasan penanggung jawab, adanya ukuran dan terus memantau strategi berjalan, memberikan dukungan atas strategi yang dilakukan, memberikan penghargaan dan rekognisi, serta adanya keseimbangan antara inovasi.

Program ini juga diakui oleh Andi seorang peserta bahwa adanya gambaran baru bagaimana peserta bisa menetapkan growth mindset sebagai winning mindset serta cara menerapkannya ke dalam tim dalam pemahaman grand why serta time management.
“Sedangkan dalam strategic management bisa memberikan gambaran kepada kami tentang perumusan strategi melalui analisis SWOT yang sederhana dengan melibatkan anggota tim dalam perumusan. Sehingga perumusan strategi menjadi lebih akurat.”
Program Brand Manager Leadership Course yang merupakan kolaborasi antara Pegadaian dan ACT Consulting International membuat para peserta berpikir ulang mengenai mindset.
Mindset yang dibentuk dari diri sendiri, mindset yang positif tentu akan menghasilkan hati, pikiran, dan tindakan yang positif juga. Sehingga dapat mempermudah pekerjaan dan tujuan agar bisa tercapai.
“Ditambah lagi dengan menyusun strategi bersama di waktu yang tepat, serta komitmen bersama untuk menjalankannya dengan sepenuh hati.
Tujuan dapat tercapai.” Ucap Alinsia Windi, peserta program.



