Kamis, H / 17 Juni 2021

Rusia Uji Coba Exo-Skeleton, Pakaian Militer Mirip ‘Robocop’

Rabu 29 Aug 2018 14:37 WIB

Muhammad Tarmizi Murdianto

Tampilan exo-skeleton, prototipe militer yang menyerupai Robocop.

Foto: ruptly

ESQNews.id, MOSKOW – Rusia melakukan uji coba exo-skeleton, prototipe militer yang menyerupai setelan prajurit super dengan desain mirip dengan petugas polisi mekanik ‘Robocop’, atau Stromtroopers yang ada pada film fiksi ‘Star Wars’ pada Selasa, (28/8).


Prototipe ini merupakan pengembangan setelan Ratnik-3 'Soldier of the Future' yang diproduksi oleh Perusahaan Militer TsNiiTochMash yang dibuat di Central Research Institut–Precision Machine Building, sebuah pusat pengembangan senjata yang berbasis di Moskow.


Prototipe ini terbuat dari titanium yang dirancang untuk meningkatan kekuatan dan stamina sementara lapisan luarnya menjadi pelindung tubuh dari peluru. Selain itu, dengan menggunakan setelan ini pemakainya dapat berlari lebih cepat daripada biasanya dan menembakkan senapan mesin dengan menggunakan satu tangan dan akurasi yang luar biasa seperti komputer.


Chief Designer, Oleg Faustov mengatakan kepada kantor berita Rusia TASS jika kami telah mengadakan uji coba untuk prototipe dari exoskeleton yang aktif. “Ini benar-benar meningkatkan kemampuan fisik seorang prajurit. Misalnya, penguji mampu menembak dari senapan mesin hanya dengan satu tangan dan secara akurat mengenai sasaran,” katanya.


Sayangnya, setelah uji coba tersebut ternyata terdapat satu hambatan besar pada prototipe exo-skeleton ini, yaitu tidak adanya ruang penyimpanan sumber listrik lokal. Hal ini dapat diartikan jika pakaian tersebut hanya dapat dikenakan dalam waktu terbatas.
Oleg Chikarev, Wakil Kepala Sistem Persenjataan mengatakan jika setelan tersebut akan dikembangkan dengan beberapa perusahaan Rusia terutama elemen desain dalam beberapa tahun kedepan. Rencananya, prototipe exo-skeleton ini akan diperkenalkan ke medan peran pada 2025 mendatang.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA