Jumat, H / 29 Maret 2024

Pelajaran Penting dari Penelitian Terlama Tentang Kesehatan dan Kebahagiaan (2)

Senin 20 May 2019 13:53 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: Freepik

Beberapa pelajaran tentang hubungan yang didapatkan dari penelitian terlama tentang Kesehatan dan Kebahagiaan

1.   Hubungan sosial sangat baik, sedangkan kesepian dapat membunuh. Orang yang lebih terhubung secara sosial pada keluarga, teman, komunitas, akan lebih bahagia, secara fisik lebih sehat, dan hidup lebih lama dibanding dengan orang yang tidak terhubung dengan baik. Dan rasa kesepian ternyata sangat berbahaya. Orang yang terisolasi lebih dari yang mereka harapkan, kesehatan mereka memburuk lebih cepat di usia paruh baya, fungsi otak mereka menurun lebih cepat, dan hidup mereka lebih singkat daripada orang yang tidak kesepian. 

2. Kualitas hubungan lebih penting dari kuantitas. Bukanlah tentang berapa teman yang Anda miliki, atau apakah Anda berada dalam hubungan yang mengikat, namun kualitas hubungan Anda-lah yang paling penting. Hidup di tengah konflik -termasuk pernikahan- sangat buruk bagi kesehatan. Memiliki hubungan yang baik dan hangat akan melindungi kita. 



3.  Hubungan yang baik tidak hanya melindungi tubuh, tapi juga melindungi otak. Ternyata, berada dalam hubungan yang penuh kedekatan dengan orang lain saat usia Anda 80an, memiliki ingatan yang tetap tajam.  

Diakui Waldinger hubungan terkadang berantakan dan rumit. Perlu kerja keras untuk merawat hubungan dengan keluarga dan teman. Pekerjaan ini tidak mudah, sifatnya seumur hidup dan tidak pernah berakhir. Namun percayalah orang yang bahagia adalah yang menyandarkan diri pada hubungan, dengan keluarga, teman, dan komunitas. 

Baca juga: Pelajaran Penting dari  Penelitian Terlama Tentang Kesehatan dan Kebahagiaan (1)

Waldinger menutup pembicaraannya dengan mengutip Mark Twain. Lebih dari seabad yang lalu, ia mengingat kembali kehidupannya, dan menulis: "Tak ada waktu, hidup terlalu singkat, untuk pertengkaran, kata maaf, dendam, perhitungan. Hanya ada waktu untuk mencintai, namun itu pun sangat singkat." 

“Hidup yang baik dibangun dengan hubungan yang baik,” pungkasnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA