Jumat, H / 29 Maret 2024

Nilailah Kejujuran dalam Ujian

Sabtu 24 Dec 2022 09:45 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh : Mushlihin (Guru SMPN 1 Karanggeneng Lamongan)

ESQNews.id, LAMONGAN - Pada hari Jumat  9 Desember 2022 saya mengawasi Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas 9B. Mulainya pukul 07.00. Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Peserta mengeluh, karena teksnya panjang.

Saya mengingatkan, meskipun mengeluh menjadi hal yang wajar, Allah tidak suka kepada hambanya yang terlalu banyak mengeluh.

Ada 7 ayat Al-quran yang mengingatkan umat Islam agar tidak mengeluh. Di antaranya "laa yai'asu mir rawhil laahi illal qawmul kaafiruun. Artinya jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (QS Yusuf: 87)

<more>

Selanjutnya saya mengamati ada peserta yang mencontoh pekerjaan teman. Saya pun mengisi berita acara dan menilai karakter atau kejujuran dalam kegiatan ujian.

Nilai A bila peserta mengerjakan sendiri. Nilai B bila peserta sekali bekerja sama. Nilai C bila peserta selalu bekerja sama. Nilai D bila peserta mencontoh pekerjaan teman. Alhasil pelaksanaan PAS di sekolah menengah pertama negeri 1 Karanggeneng yang didirikan 1984 pada lahan seluas 13.065 m² amat tertib. 

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA