Selasa, H / 19 Maret 2024

Mengenang Pertempuran Ambarawa

Selasa 15 Dec 2020 09:54 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Instagram

“Abadikan Semangat Pengabdian dan Perjuangan Tanpa Akhir Bersama Rakyat”


ESQNews.id, JAKARTA - Setiap tanggal 15 Desember, dicanangkan sebagai Hari Juang Kartika TNI-AD (Hari Infanteri) tujuannya adalah untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. 


Pengertian dari Infanteri itu merupakan pasukan tempur darat utama yaitu pasukan pejalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan, dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat.


<more>


Infanteri berasal dari kata infant yang berarti kaki, biasanya untuk menggambarkan para tentara muda yang berjalan kaki di sekeliling para ksatria yang menunggang kuda atau kereta. Oleh karena itu, seorang infanteri harus memiliki kemampuan berkelahi, menembak, dan bertempur dalam segala medan dan cuaca.


Pasukan infanteri modern dapat diangkut ke daerah pertempuran dengan pesawat terbang, kapal/perahu, truk, kendaraan lapis baja, atau helikopter.




Secara etimologi, kata infanteri berasal dari bahasa Inggris infantry yang berasal dari bahasa Prancis Pertengahan infanterie yang juga berasal dari bahasa Italia Tua. Kata infanterie sendiri kemungkinan berasal dari bahasa Spanyol Infanteria dari kata infante. Kata infante memiliki akar bahasa latin infans yang berarti anak - anak.


Sasaran atau wilayah belum dapat dikatakan berhasil direbut sebelum diduduki dan dikuasai satuan Infanteri. Lalu, muncul sebutan infanteri adalah "Queen of the Battle" (ratu dari pertempuran).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA