Sabtu, H / 31 Juli 2021

Manfaat Buah Kurma untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Kamis 04 Apr 2019 12:56 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Buah Kurma Kaya akan Manfaat Bagi Tubuh Kita

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA – Kurma adalah buah yang manis dan kaya akan khasiatnya. Selama bulan Ramadhan, kurma salah satu jamuan yang favorit dan tersedia di meja makan. Selain rasanya yang lezat, makan kurma termasuk sunnah Nabi dan Rasul. Rasulullah saat sahur dan berbuka cukup dengan makan 3 biji kurma dan susu atau air mineral.

 

Mengapa dengan makan kurma saja cukup? Bagaimana dengan kebutuhan nutrisi, protein, vitamin yang seharusnya kita konsumsi?


Baca juga : Membuat Es Buah untuk Berbuka Puasa

 

Kurma memiliki beberapa khasiat atau manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi. Kurma adalah makanan yang kaya akan nutrisi sehingga menjadi sumber energi, gula dan serat. Manfaat buah kurma antara lain:


  1. Meningkatkan Energi dalam Tubuh
    Kurma mempunyai kandungan gula yang alami misalnya glukosa, fruktosa dan lainnya.  Cukup dengan makan beberapa saja sudah kenyang dan energi kita akan segera balik lagi. Untuk menghindari makanan yang berlebih sehingga membuat kita ngantuk saat tarawih.
  1. Melancarkan Pencernaan
    Sangat direkomendasikan untuk orang yang sering terkena sembelit atau sulit untuk buang air besar. Karena kurma mempunyai serat yang tinggi sehingga pencernaan menjadi lancar.
  1. Memperkuat Tulang
    Bagi yang usianya sudah tidak muda lagi akan rentan terkena osteoporosis. Solusinya adalah makan kurma karena mengandung tembaga, magnesium yang berfungsi untuk memperkuat tulang.
  1. Mengontrol Tekanan Darah
    Didalam buah kurma terdapat potasium dan magnesium yang bisa melemaskan pembuluh darah kita. Sehingga tekanan darah bisa turun dan lebih terkontrol dengan baik.
  1. Menjaga Kesehatan Kulit
    Kurma kaya akan vitamin salah satunya adalah vitamin C dan D. Jika mengkonsumsi kurma maka kita akan terhindar dari beberapa masalah kulit dan memiliki khasiat anti aging.
  1. Meningkatkan Kemampuan Otak
    Adanya zat potasium yang terdapat pada kurma sehingga memiliki fungsi untuk mendorong kesehatan dan fungsi sistem saraf dalam tubuh termasuk otak. Kurma memiliki senyawa polifenol yang berfungsi untuk mencegah atau membantu mengobati timbulnya penyakit Alzheimer.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA