Jumat, H / 29 Maret 2024

Krisis Yaman, 12 Juta Penduduk Kelaparan

Rabu 17 Oct 2018 15:05 WIB

AA

Crisis Yemen

Foto: CTV News

ESQNews.id, JAKARTA - World Food Program (WFP) milik Perserikatan Bangsa-Bangsa mengungkapkan bahwa hampir 12 juta penduduk Yaman berada di ambang bencana kelaparan. Saat ini Yaman tengah menghadapi krisis kelaparan terparah di dunia.


"Hampir 18 juta orang di seluruh penjuru negeri bahkan tak tahu-menahu bagaimana mereka akan mendapatkan makanan selanjutnya," kata juru bicara WFP Herve Verhoosel.


Herve mengatakan, Jjika situasi ini dibiarkan berlarut-larut. Kemungkinan 3,5 juta orang lainnya akan mengalami hal yang sama.


Verhoosel menegaskan bahwa PBB telah melakukan segala upaya untuk mengatasi krisis itu. Saat ini, WFP menyimpan persediaan gandum yang jumlahnya cukup untuk menyokong 6,4 juta penduduk selama dua bulan.


Staf bantuan pun kesulitan mendistribusikan makanan karena rentannya keamanan. Stok gandum yang dapat memberi makan 3,7 juta orang disimpan di fasilitas Red Sea Mills PBB namun tak bisa didistribusikan.


Yaman telah menderita krisis berkepanjangan sejak konflik meletus pada 2014, ketika pemberontak Houthi Syiah menguasai sebagian besar wilayah negara, termasuk ibu kota, Sanaa.


Konflik semakin memanas di tahun berikutnya ketika Arab Saudi dan sekutu Sunni-Arab melancarkan kampanye udara besar-besaran di Yaman untuk mengalahkan Houthi.


Konflik tersebut telah merusak infrastruktur dasar Yaman, sehingga PBB menggambarkan situasi di sana sebagai salah satu bencana kemanusiaan terparah sepanjang sejarah modern.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA