Kamis, H / 28 Maret 2024

Kasus Jet Ethiopia Mirip dengan Jet Lion Air

Kamis 14 Mar 2019 09:26 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Larangan Penerbangan Pesawat 737 Max 8 dan 737 Max 9

Foto: Scott McIntyre

ESQNews.id, JAKARTA - Ada kesamaan antara kasus kecelakaan Ethiopian Airlines dengan Lion Air yang menewaskan 346 orang. Menurut Federal Aviation Administration pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh memiliki pola penerbangan yang sangat mirip dengan penerbangan Lion Air. Penyebab kecelakaan itu masih dalam pemeriksaan oleh FAA.

 

Maskapai ini harus bertanggung jawab. Mereka memiliki perangkat lunak baru, mereka tahu ada masalah dengan sensor pada jet itu,” papar Senator Richard Blumenthal.

 

Kasus itu sampai ke telinga Donald Trump. Presiden AS itu pun memberikan larangan untuk mendaratkan semua penerbangan 737 Max 8 dan 737 Max 9 pada hari itu. Sedangkan American memiliki sekitar 85 penerbangan sehari dengan Jet Boeing Max 8 dan Max 9.

 

“Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memahami penyebab kecelakaan dalam kemitraan dengan para penyelidik, menyebarkan peningkatan keselamatan dan membantu memastikan ini tidak terjadi lagi,” kata Boeing.

 

LaHood, seorang Republikan yang bertugas dalam pemerintahan Obama menegaskan prosedur yang mereka lakukan. Menurutnya setelah pesawat mendarat kemudian diperiksa dengan menggunakan inspektur keselamatan FAA dan inspektur Boeing untuk mencari tahu penyebabnya. Serta memberi tahu masyarakat bahwa pesawat ini aman.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA