Senin, H / 28 November 2022

Kapan Anak Mulai Belajar Puasa? Inilah Pooling versi Ojol

Kamis 16 May 2019 11:32 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Pooling hari ke 11

Foto: Admin

Mulai umur berapa ya sebaiknya membiasakan berpuasa pada anak? Banyak orang tua yang bertanya seperti itu. Jika Anda masih bingung, mungkin hasil pooling dari aplikasi ojol ini bisa menjadi referensi.

 

Data dari Morning Pool Grab yang diisi oleh para pelanggannya menyediakan pilihan empat jenis umur yaitu 5, 6, 7, dan 8 tahun. Data tertinggi pada puasa hari ke 11 yaitu usia 5 tahun sekitar 42%, sisanya hampir berimbang yaitu 6 tahun: 19%, 7 tahun 17%, dan 8 tahun 21%. Data yang hingga hari ini sudah mendapat komen sebanyak 9840 mungkin masih bisa berubah hingga akhir Ramadhan namun tren nya tidak akan jauh berbeda.

 

Berarti sejak usia TK atau PAUD orang Indonesia sudah mulai membiasakan ibadah berpuasa. Hal ini sangat positif karena puasa sangat bekaitan dengan pengendalian diri dan emosi. Anak-anak pada masa usia dini cenderung egois dan egosentris, segala keinginannya harus dituruti. Dengan belajar puasa pada usia dini maka anak-anak sudah belajar bagaimana unruk mengendalikan dorongan dan keinginan-keinginannya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA