Senin, H / 15 Juli 2024

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Kamis 10 Oct 2019 10:24 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: hechingerreport.org

Menjaga kesehatan dalam tubuh itu penting sekali. Mulai dari menjaga pola makan, tidur, istirahat, aktivitas harian dan lainnya. Agar kita selalu sehat fisik maupun mental.


ESQNews.id, JAKARTA – 10 Oktober setiap tahunnya memperingati World Mental Health Day atau yang kita kenal “Hari Kesehatan Jiwa Sedunia”. Telah diresmikan sejak tahun 1992 oleh World Federation for Mental Health (WFMH).


Hari kesehatan jiwa sedunia ini untuk meningkatkan prioritas global terhadap kesehatan jiwa. Karena masalah kesehatan jiwa merupakan suatu masalah serius.


World Health Organization (WHO)


Kesehatan jiwa didefinisikan sebagai kondisi sehat dimana seseorang dapat menyadari potensi diri sendiri, mengatasi tekanan hidup, bekerja dengan produktif, dan berkontribusi pada masyarakat.


WHO (1990) melaporkan dari 10 masalah kesehatan utama yang menyebabkan disabilitas, 5 di antaranya adalah masalah kesehatan jiwa yaitu: depresi, alkoholisme, gangguan bipolar, skizofrenia, dan obsesif kompulsif.


<more>


WHO juga memprediksikan pada tahun 2020 mendatang depresi akan menjadi penyakit urutan kedua dalam menimbulkan beban kesehatan.




Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober 2019. Klinik Jiwa & Klinik Psikologi RSUD Sleman akan membuka Booth Sehat Jiwa RSUD Sleman. Pada hari sabtu tanggal 12 Oktober 2019 di Sleman City Hall, pukul 10.00 s.d 20.00 WIB. Melayani konseling gratis, psikoedukasi gratis, edukasi kit gratis.


Mari #Pedulikesehatanjiwa dengan dimulai dari diri kamu sendiri dan Keluarga. Karena dalam hidup yang sehat, ditemukan jiwa yang kuat.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA