Jumat, H / 29 Maret 2024

Hari Buku Nasional

Jumat 17 May 2019 09:21 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Hari Buku dirayakan 2 kali dalam setahun yaitu Hari Buku Internasional setiap tanggal 23 April dan Hari Buku Nasional yang jatuh setiap tanggal 17 Mei. Tepat hari ini 17 Mei warga Indonesia memperingati Hari Buku Nasional. Bermula dari didirikannya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tahun 1980 silam.

 

Tanggal ini dipilih atas ide dari Menteri Pendidikan pada masanya, Abdul Malik Fajar. Mengapa perlu diperingati? Agar warga Indonesia membiasakan diri dalam budaya membaca dan memetik manfaatnya.

 

Dalam sebuah riset atau kajian di Universitas Negeri Connecticut Tengah, membenarkan bahwa minat baca di Indonesia hanya sebesar 0,01 persen. Dan hasil kajian Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara.

 

Mirisnya mengenai minat baca di Indonesia, Humas pada Biro Humas dan Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan kegiatan Sedekah Buku Ramadan 2019. Kegiatan ini diselenggarakan pada 14-17 Mei di Lobi Gedung Grha Kemenpora, Jakarta.


Dilansir dari Kastara.id, Nuristya Agus Lesmana Kepala Bagian Humas Kemenpora menegaskan, “Ini bagian dari untuk menumbuhkan minat baca karyawan di lingkungan Kemenpora, juga di tengah-tengah masyarakat. Kemudian, kita membuat program sedekah buku. Buku yang terkumpul nantinya akan didistribusikan kepada yang membutuhkan,” ucapnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA