Minggu, H / 14 Juli 2024

DP3A Kabupaten Jeneponto-Makassar Gelar Pelatihan Emotional Spiritual Quotient

Minggu 27 Aug 2023 18:32 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Tangkapan Layar

ESQNews.id, Jeneponto – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Jeneponto menggelar pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di Ibis Style Hotel, Kota Makassar selama tiga hari dari tanggal 13-15 Agustus 2023.


Kegiatan yang diikuti 60 peserta itu dibuka oleh Ketua Alumni ESQ Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Hj Hamsiah Iksan, Senin, 14 Agustus Agustus 2023.




60 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut merupakan pengurus Dharma Wanita se Kabupaten Jeneponto.


Hadir, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jeneponto, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jeneponto, para narasumber ESQ.


Dalam sambutannya, Hj Hamsiah Iksan menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan ESQ.




“Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan agar peserta dapat belajar, mendapat ilmu pengetahuan mengenai metode penggabungan antara kecerdasan Intelektual, Emosional dan kecerdasan Spiritual peserta, baik sebagai perempuan, ibu atau sebagai pendamping suami,” kata Hj Hamsiah Iksan.


Menurutnya, perempuan memegang peran sangat penting dalam kehidupan baik sebagai ibu rumah tangga, maupun pendamping suami dan sebagai makhluk sosial.


<more>


“Seiring berjalannya waktu, banyak perubahan dan tantangan yang kami alami sejak meninggalkan bangku ESQ. Semua itu tidaklah sia-sia, karena didukung oleh landasan yang kuat dari pelajaran dan nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan dalam diri kami selama proses pembelajaran di ESQ,” jelasnya.


Lebih lanjut, Hj Hamsiah Iksan mengatakan, pendidikan di ESQ tidak hanya memberikan bekal pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu, ESQ mengajarkan kami tentang bagaimana menjadi individu yang berintegritas, memiliki empati yang tinggi, dan mampu mengendalikan emosi dalam menghadapi berbagai situasi.


“Pelajaran tentang keberanian, ketulusan, dan keikhlasan terus menginspirasi kami untuk menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan tekad,” ujarnya.




Sebagai alumni ESQ, kata Hj Hamsiah Iksan, dirinya merasa memiliki tanggung jawab besar untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


“Kami berkomitmen untuk terus berupaya menjadi panutan bagi masyarakat, keluarga, dan lingkungan sekitar. Kami percaya bahwa dengan menjaga komitmen ini, kita dapat berkontribusi positif dalam membangun bangsa ini menjadi lebih baik,” ungkapnya.


Melalui momentum berharga itu, Ketua TP PKK Kabupaten Jeneponto itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru dan pengajar di ESQ yang telah dengan sabar dan penuh kasih mengajar.




“Kata bijak dari pendiri ESQ, Bapak Ary Ginanjar Agustian, mengatakan Hidup ini adalah kesempatan, maka pergunakanlah sebaik-baiknya. Perbanyaklah bermanfaat bagi orang lain, dan jadilah berkat bagi sekitarmu. Mari kita terus berupaya menjadi individu yang lebih baik dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan dalam setiap langkah kehidupan kita,” tutup Hj Hamsiah Iksan.


Kegiatan pelatihan ESQ yang berlangsung selama tiga hari itu ditutup oleh Ketua Alumni ESQ Provinsi Sulawesi Selatan, ibu Madjah Agus Arifin Nu’mang.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA