Senin, H / 28 November 2022

Domba Putih di Lereng Bukit

Rabu 20 Feb 2019 12:13 WIB

Author :Ary Ginanjar Agustian

ilustrasi

Foto: pxhere

Oleh : Ary Ginanjar Agustian


ESQNews.id - "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan ikuti langkah orang-orang yang jujur." (QS. At-Taubah (9) : 119)

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Dinar bahwa suatu hari ia berjalan bersama Khalifah Umar bin Khattab dari Madinah menuju Makkah. Di tengah jalan beliau bertemu dengan seorang anak yang sedang menggembala ternak yang sangat banyak hingga hampir menutupi lereng bukit. Terbersit ide dalam pikiran Khalifah Umar untuk menguji kejujuran anak gembala itu.


”Wahai anak gembala, aku ingin membeli seekor ternakmu!”ujar Khalifah Umar bin Khattab. “Kambing ini milik tuanku. Aku hanya seorang budak gembala,” jawab si gembala. Umar bin Khattab berkata lagi, “Kambing ini banyak sekali, tuanmu tidak akan tahu kalau berkurang satu. Atau katakan saja pada tuanmu, seekor kambing dimakan serigala.”



Anak gembala tersebut terdiam, dipandangnya wajah Khalifah Umar bin Khattab, lalu berkatalah ia dengan ucapan yang menggetarkan hati Khalifah Umar, “Fa ainallah? Jika Tuan menyuruh saya berbohong, lalu di mana Allah? Tuan saya memang tidak melihat, tapi Tuhannya tuan saya Maha Melihat.”


Umar bin Khattab dikenal sebagai seorang khalifah yang pemberani, berwibawa dan ditakuti, tak pernah gentar menghadapi musuh sekuat apa pun. Namun, tatkala mendengar ucapan budak gembala itu beliau merasa gemetar dan hampir jatuh pingsan. Kemudian beliau menangis. Kalimat pendek yang diucapkan secara spontan oleh seorang budak gembala begitu menghujam ke dalam dadanya menyadarkan akan keberadaanNya sekaligus tanggungjawabnya dihadapanNya kelak.



Khalifah Umar membawa gembala yang berstatus budak itu kepada tuannya. Beliau menebus budak tersebut. ”Dengan kalimat tersebut (Faainallah?) telah kumerdekakan kamu dari perbudakan, dengan kalimat itu pula insya Allah kamu akan merdeka di akhirat kelak.”

Keyakinan sang budak bahwa Allah senantiasa menyaksikannya mengantarkannya pada sebuah kebebasan.•


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA