Rabu, H / 17 April 2024

Di Masjid Westall - Australia, Ary Ginanjar Jadi Narasumber Acara NGOPI Bersama IMCV, MIIS dan YIMSA

Minggu 07 Jan 2024 16:13 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, AUSTRALIA - Tanggal 5 Januari 2024 di Masjid Westall, Victoria, Australia, Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group) diberikan kesempatan sharing dalam acara NGOPI (Ngobrol Perkara Iman) yang diadakan oleh YIMSA (Young Indonesian Muslim Student Association), MIIS (Monash Indonesian Islamic Society), dan IMCV (Indonesian Muslim Community Victoria).

Acara dengan tema "Hikmah Pergantian Tahun" ini dihadiri oleh berbagai kalangan muslim yang ada di Melbourne. Ada pekerja, mahasiswa dan senior-senior diaspora, kurang lebih 100 orang.

Turut hadir juga President IMCV Andri Nursafitri, President Masjid Westall Fady Ginanjar Pamungkas, President MIIS Dian, President YIMSA Eqi Muhammad Rikansa, para Senior di Melbourne, Perwakilan Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ di Melbourne, FKA ESQ di Indonesia maupun mancanegara yang hadir secara online.

"Melbourne, Victoria atau Australia adalah tempat yang indah. Namun tempat-tempat indah seperti ini tantangannya ada 2 menjadi semakin sholeh atau kehilangan agama. Kalau saya lihat yang datang hari ini insyaAllah agamanya semakin kuat yah. Karena inilah manfaat dari Masjid Westall setiap kali diadakan acara atau program," kata Ary dalam sambutannya.



Menurut pemilik 17 anak perusahaan (di bawah naungan ESQ) itu tantangan terbesar bagi mereka yang tinggal atau kuliah di luar negeri adalah mempertahankan jati diri dan nilai-nilai agama. 

"Itulah sebabnya saya mendukung apa yang dilakukan oleh MIIS, YIMSA serta IMCV. We might be born into Islam, but Iman is a journey we embark on willingly. Efforts in faith lead to roots that shield us from life’s storms," sambungnya.



Dikatakan juga oleh Ary, "Ini bukan hanya kegiatan silaturahmi semata tapi sebuah pertemuan untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kultur dan values agama."

"Mudah-mudahan bapak, ibu dan adek-adek semuanya bisa lulus dengan baik di tempat yang jauh di sebrang lautan. Dan bagi Anda yang bekerja, semoga mampu mempertahankan core valuesnya hingga keturunan-keturunannya, cucu cicitnya. Sekali lagi, terimakasih kepada pengurus YIMSA, MIIS, IMCV serta Masjid Westall," tutupnya.



Sebelum paparan dari Ary Ginanjar, ada sambutan terlebih dahulu dari Eqi Rikansa (Ketua YIMSA).

"Mudah-mudahan ini bisa jadi awal mula YIMSA bisa berkembang di daerah Victoria. Semoga YIMSA bisa membantu dan berkontribusi untuk anak muda di sini. Karena selama ini YIMSA terlalu fokus di daerah city. Yang mana YIMSA difokuskan untuk student. Dan mostly student itu stay nya di city," ungkapnya.

Anak dari Ary Ginanjar itu memperkenalkan YIMSA terlebih dahulu, bahwa YIMSA adalah sebuah organisasi yang berdomisili di Melbourne. Dan tujuan adanya YIMSA yaitu untuk menjaga dan meningkatkan Iman serta Taqwa dari student yang ada di Melbourne dan daerah Victoria. 

<more>

Lalu, dilanjutkan sambutan dari Fady Ginanjar. Ia mengucapkan terimakasih kepada Pendiri Menara 165 atas kehadirannya dalam acara ini. 

"Ada beberapa program yang saat ini sedang saya fokuskan di sini salah satunya Youth Program. Akan saya kolaborasikan ini bersama YIMSA, MIIS dan IMCV. Apalagi dalam rangka untuk menyambut bulan suci Ramadhan juga. Jadi alangkah baiknya kita adakan program acara anak-anak muda."



Kemudian, President IMCV juga sampaikan dalam paparannya, menerangkan bahwa Westall Mosque adalah Masjid pertama dari masyarakat muslim Indonesia di Victoria.

"Harapannya, semoga ini bisa memberikan contoh-contoh yang baik kepada masjid-masjid lainnya."

Lebih lanjut, "Seperti halnya acara-acara seperti sore hari ini. InsyaAllah akan sangat bermanfaat terutama bagi kita yang tinggal di luar negeri untuk memberikan motivasi, menumbuhkan semangat, untuk tetap bersyiar berdakwah di negeri orang. Meskipun di sini kita ketahui masyarakatnya adalah non muslim."

Saksikan keseruan lebih lengkapnya di sini

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA