Jumat, H / 29 Maret 2024

Di 2030, Perusahaan Microsoft akan Jadi 'Karbon Negatif'

Jumat 17 Jan 2020 13:56 WIB

Reporter :AA

microsoft

Foto: venturebeat


Perusahaan itu berupaya untuk menghilangkan semua karbon yang dihasilkannya sejak didirikan.


ESQNews.id - Microsoft mengumumkan akan menjadi 'karbon negatif' pada 2030 dan menghapus semua karbon yang dihasilkan sejak perusahaan didirikan.

"Sementara dunia perlu mencapai nol bersih, kita yang mampu bergerak lebih cepat dan melangkah lebih jauh harus melakukannya. Itulah sebabnya hari ini kita mengumumkan tujuan yang ambisius dan rencana baru untuk mengurangi dan menghilangkan jejak karbon Microsoft," kata Presiden Brad Smith di kampus Redmond, Washington.


Dia juga mengatakan raksasa teknologi itu akan menghapus semua karbon dari lingkungan pada 2050, baik karbon yang dihasilkan secara langsung maupun dari konsumsi listrik sejak didirikan 45 tahun yang lalu.

<more>

"Perusahaan juga mengumumkan inisiatif baru untuk menggunakan teknologi Microsoft guna membantu pemasok dan pelanggan kami di seluruh dunia mengurangi jejak karbon mereka sendiri dan dana inovasi iklim baru senilai USD1 miliar untuk mempercepat pengembangan global teknologi pengurangan, penangkapan dan penghapusan karbon," kata Microsoft.

Jejak karbon secara historis didefinisikan sebagai total emisi yang dihasilkan oleh individu, peristiwa, organisasi, atau produk, dinyatakan dalam karbon dioksida ekuivalen. Gas-gas rumah kaca (GRK), termasuk karbon dioksida, dapat dipancarkan melalui pembukaan lahan dan produksi dan konsumsi makanan, bahan bakar, barang-barang manufaktur, material, kayu, jalan, bangunan, transportasi, dan jasa-jasa lainnya.


Dalam kebanyakan kasus, total jejak karbon tidak dapat dihitung secara tepat karena pengetahuan dan data yang tidak memadai tentang interaksi kompleks antara proses-proses yang berkontribusi, termasuk pengaruh proses-proses alami yang menyimpan atau melepaskan karbon dioksida.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA