Rabu, H / 17 April 2024

Cacar Monyet Tersebar di 75 Negara, Menkes: Belum Masuk Kriteria Sebagai Pandemic di Dunia

Rabu 27 Jul 2022 09:54 WIB

Reporter :EDQP

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penyakit cacar monyet atau Monkeypox yang kini menyebar di 75 negara, belum masuk kriteria sebagai pandemi di dunia.


"Cacar monyet sebenarnya kategorinya masih di bawah pandemi. Jadi belum masuk pandemi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan protokol kesehatannya perlu dijaga, surveilans-nya masih dijaga, kalau bisa vaksinasi dan pengobatan-nya disiapkan," kata Budi Gunadi Sadikin usai peluncuran Platform SatuSehat di Hotel Raffles Jakarta, Selasa.


<more>


Menurut Budi, upaya pelacakan kasus Monkeypox di dalam negeri relatif lebih mudah. Alasannya, penyakit yang kini menjangkiti sekitar 16.000 pasien di dunia itu memiliki gejala spesifik yang bisa dilihat dengan kasat mata, seperti ruam merah pada kulit tangan atau wajah, benjolan pada selangkangan hingga lesi atau benjolan kecil berisi cairan di bawah permukaan kulit.


Melansir dari berbagai sumber, Budi memperkirakan, Indonesia sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam melakukan surveilans Monkeypox di seluruh provinsi pada bulan ini.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA