Senin, H / 28 November 2022

Bupati Jember Sampaikan Cara Dapatkan Beasiswa dan “Hadiah” Lainnya

Rabu 20 Nov 2019 14:30 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Para Hafidz dan Hafidza saat ikuti Kongres Penerima Beasiswa

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA - dr. Hj. Faida, MMR ialah seorang Bupati Jember yang menjabat pada periode 2016-2021. Dahulu ia mengawali karier di Rumah Sakit Al-Huda, GentengBanyuwangi yang merupakan milik ayahnya sendiri, sebagai staf bidang pelayanan medis.


“Bupati TERKEREN. Semoga Allah menjaga beliau, Bupati Jember adalah Bu Faida. Beliau adalah alumni ESQ. Kliniknya diberi nama Klinik 165,” papar Ary Ginanjar kagum.


Awal bulan November ini, ia telah menyelenggarakan Kongres Hafidz dan Hafidzah tahun kedua di Pendopo Wahyawibawagraha. Tahun lalu memulainya dengan salah satu program yaitu program SDM.


“Mereka para Hafidz dan Hafidzah adalah anak-anak khusus karena mereka mampu menghafal Al Quran. Mereka adalah aset bangsa, mereka adalah generasi terbaik. Mengapa? Karena generasi terbaik adalah generasi Quran,” ucap Faida, wanita kelahiran Malang ini.


<more>


Perhatian pemerintah Kabupaten Jember di bawah kepemimpinan dr. Hj. Faida, MMR dan Drs. KH. Abdul Muqit Arief sangat besar. Mereka mendapatkan beragam dukungan berupa program dari pemerintah.


Dukungan yang telah diberikan diantaranya beasiswa untuk menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi (S1, S2, bahkan S3) yang diberikan secara simbolis pada Kongres Penerima Beasiswa Hafidz dan Hafidzah tahun 2019.




Total para penghafal Quran ada 387, 41 di antaranya yang di perguruan tinggi bahkan sudah ada yang S2. Sebagian dari mereka bahkan hafal 25 – 30 juz. Mereka yang hafal Al Quran ini juga mendapatkan perhatian-perhatian dan program lainnya yaitu:


. Mendapatkan kupon transportasi umum berangkat dan pulang ke sekolah. Baik itu angkutan ojek tradisional maupun angkutan kota, pedesaan dengan gratis karena dibiayai APBD Kabupaten Jember.


. Bagi keluarga yang di dalamnya ada penghafal Al-Quran minimal 1 juz mendapat dukungan jaminan kesehatan gratis dari pemerintah Kabupaten Jember.


. Ada juga dukungan penyambungan air bersih PDAM 4.000 sambungan gratis dengan penyambungan gratis. Tentu saja yang menjadi prioritas utama bagi keluarga  Hafidz dan Hafidzah.




Pesan kepada anak-anak dari sang Bupati Jember yaitu, “Kalian ini betul-betul aset bangsa jaga diri baik-baik, kalian sangat beruntung karena orangtua dan keluarga mendukung mendapat kesempatan hingga izinkan kalian hafal Al Quran. Dan kita berikan kesempatan anak-anak ini sama dengan prestasi olahraga, prestasi seni budaya. Mereka yang hafal Al Quran bebas memilih sekolah di seluruh Kabupaten Jember ini tanpa tes.”


Untuk perguruan tinggi, UKT nya ditanggung pemerintah dan dapat bantuan biaya hidup tiap bulan 750 ribu hingga lulus. Jika yang belum kuliah, misalnya SMA ke bawah mendapatkan bantuan SPP gratis untuk kebutuhan personal diberikan 1,2 juta. Dan untuk Hafidz dan Hafidzah yang hafal 30 juz namun tidak kuliah karena sudah bekerja juga dapat intensif khusus.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA