Jumat, H / 29 Maret 2024

Anak SD Indonesia Lebih Pintar dari Anak SD Jepang

Selasa 07 Jan 2020 11:29 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: alamy.com

ESQNews.id, JAKARTA - Menurut postingan IG Ary Ginanjar, Founder ESQ pada akhir Desember 2019. Bahwa anak-anak SD Indonesia Lebih Pintar dari anak-anak SD di Jepang. Mengapa?


Karena ketika SD anak-anak Jepang lebih banyak dibangun karakternya. Mereka belajar kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, dan kepedulian. Sementara anak-anak Indonesia langsung dikejar nilai matematika, fisika dan lain-lain.


<more>


“Mereka membangun pondasi terlebih dahulu, baru atap. Tapi kita membangun atap dulu dan lupa membangun pondasi. Mereka membangun EQ baru IQ. Kita fokus IQ dan IQ saja. Hasilnya bisa kita bisa rasakan dan lihat sendiri bagaimana,” tutur Master Trainer ESQ itu.


Orang Jepang latarnya seperti "pisang". Luarnya kuning dalamnya putih. Kombisnasi antara IQ (Intelektual) dan EQ (Emosional) adalah kunci kekuatan orang Jepang sehingga menjadi salah satu Bangsa nomor wahid abad ini.




Tapi kelemahannya adalah kurang SQ, sehingga angka bunuh dirinya pun menjadi nomor satu juga di dunia. Karena kurang satu lapis lagi batu bata merah sebagai pondasi. Itu SQ (Spiritual).


Gabungan itu Ary Ginanjar namakan ESQ (Emotional Spiritual Quostient)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA