Minggu, H / 14 Juli 2024

Ambil Program Second Generation, Kamil Berhasil Lanjutkan Bisnis Keluarga Sekaligus Membangun Cafe Sendiri

Rabu 02 Aug 2023 20:10 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Minggu lalu, Yahya Kamil (Mahasiswa ESQ Business School Program Second Generation) me-launching cafe bertemakan Coffeshop untuk menyajikan kopi terbaik dari seluruh Indonesia yang kini hadir di Jakarta Timur.

Nama cafenya adalah Ruka. Kata Ruka diambil dari bahasa Jepang yang artinya Batu Permata Biru.

"Filosofinya adalah semoga bisnis kopi ini kuat dan indah (sukses). Ide bisnis Ruka bisa berarti juga Rumah Kamil atau Ruang Kaca," ungkap Kamil.





Kamil akui sudah menyukai kopi sejak lama dan mengenalkan bisnis kopi ini ke lingkungan keluarga. Tak hanya sekedar membuka bisnis semata, Kamil punya tujuan mulia, ia mempunyai visi memajukan kopi lokal Indonesia (kontribusi untuk negeri).

"Ruka Cafe ini dibangun agar bisa membantu ekosistem kopi di Indonesia terutama kesejahteraan petani lokal di Indonesia," harap Kamil.





Katanya, ide bisnis cafe ini juga terinspirasi dari almarhum kakak yang mempunyai galeri dan ingin dikembangkan dengan konsep tertentu.

Di awal melanjutkan bisnis keluarga, Kamil mengalami masa pahit hingga depresi karena ditinggal oleh kakaknya yang juga dianggap sebagai mentor Bisnis.

Di masa kegamangan ini, Kamil mengalami tak ada mentor ataupun pegangan untuk survive di dunia bisnis dan di saat yang sama, ada keinginan yang kuat untuk membuka bisnis sendiri.





"Awal pembangunan usaha kopi ini banyak hal yang saya lalui. Saat itulah, saya dipertemukan dengan Program Second Generation ESQ Business School."

Ia sampaikan bahwa ada ketakutan melanjutkan bisnis keluarga karena takut mengecewakan banyak pihak. Namun di Program Second Generation, Kamil dijelaskan mulai dari konsistensi bisnis hingga keberlangsungan bisnis.





Di Program Second Generation Kamil dibekali semua kebutuhan dalam melanjutkan bisnis keluarga bahkan Kamil menyampaikan modul yang diberikan melebihi ekspektasi terhadap program ini.

"Alhamdulillah saya teringat apa yang disampaikan oleh Pak Ary Ginanjar (Founder ESQ Group) yang katakan “Perbaiki sholatmu maka Allah SWT akan perbaiki hidupmu”, serta berfikir Growth Mindset, Alhamdulillah bisnis ini terus berkembang."


<more>


Kamil berpesan, "Dalam bisnis keluarga harus bisa mengalahkan ego pribadi, karena dalam melanjutkan bisnis keluarga banyak hal yang harus dipertimbangkan. Karena di family bisnis bukan sekedar melanjutkan bisnis keluarga namun juga bagaimana kehidupan orang-orang yang menggantungkan hidupnya dari bisnis ini."





Dalam menjalankan bisnis keluarga, pria berkacamata itu menerapkan Integrity (Integritas) yang menjadi value utama dan bahkan modal utama yang diterapkan agar sukses dalam bisnis bidang jasa atau F&B.




Di akhir Kamil menyampaikan Terimakasih kepada Gurundanya Ary Ginanjar, ESQ Business School terutama yang memegang Program Second Generation, "Serta Bapak/Ibu Dosen atas semua ilmu dan pengalaman yang telah diberikan kepada saya dan move on dari masalah yang saya hadapi. Saya ucapkan terimakasih banyak."





Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA