Sabtu, H / 31 Juli 2021

9 Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kamis 28 Jun 2018 14:00 WIB

Santi Rahmawati

ilustrasi sayur dan buah-buahan

Foto: pinterest

ESQNews.id - Cuaca, iklim,  dan musim seringkali menjadi alasan ketika kita mengalami sakit, seperti flu, alergi, demam dan lain sebagainya. Memang tidak dapat dipungkiri, faktor iklim seperti suhu dan kelembaban udara menjadi faktor yang memegang peranan penting terhadap fisiologi manusia.

Selain itu, cuaca juga dinilai berpengaruh terhadap perubahan kondisi tubuh manusia. Sebagai contoh pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium membutuhkan sinar UV matahari untuk membantu kulit membentuk vitamin D yang diperlukan dalam proses metabolisme tulang tersebut.

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi saat tubuh mengubah makanan menjadi energi. Keseluruhan proses kimia ini terjadi secara berkelanjutan menghasilkan dan membakar energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas, seperti bernapas, berpikir, hingga berjalan kaki.

Daya tahan tubuh manusia satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Pengaruh cuaca, iklim, dan musim bisa menjadi faktor proses metabolisme, untuk itu salah satu cara terbaik meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan memperhatikan asupan makanan  ke dalam diet harian Anda.

Dilansir melalui Huffingtonpost, kami telah mengumpulkan sembilan makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh - tanpa urutan tertentu - plus resep sehingga Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin ke dalam menu diet Anda.

1. Paprika Merah

Paprika manis ini adalah sumber vitamin C yang sangat baik bahkan lebih baik daripada jeruk dan juga sebagai persediaan cadangan vitamin C tubuh. 

2. Jeruk

Seperti yang kita tahu bahwa jeruk mengandung vitamin C yang juga baik untuk tubuh. Kandungan gizi dan mineral yang begitu banyak juga membantu perkembangan gizi bagi anak-anak dan dewasa. Selain itu, jeruk juga dapat menurunkan resiko stroke. 

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung selenium, yang tampaknya memiliki efek kuat pada sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bumbu bagi makanan. 

4. Sup Ayam

Di dalam sup ayam terdapat kandungan protein yang tinggi dari ayam yang menjadi bahan utama pada sup. Protein pada ayam dapat membantu perkembangan otak, metabolisme tubuh, serta pembentukan otot pada anak. Selain itu, di dalam sup ayam terdapat kandungan penisilin alami yang baik dan telah terbukti dapat mengatasi batuk berlebih, apalagi jika disajikan dalam kondisi hangat akan mampu melancarkan pernafasan dan juga pastinya menghangatkan tubuh. 

5. Brokoli

Sayuran ini sarat dengan vitamin A dan C, serta glutathione antioksidan. Tidak heran apabila ibu Anda selalu menyuruh Anda memakannya. Brokoli memang sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Almond

Kacang almond syarat dengan kandungan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat dan dapat membantu melawan infeksi. 

7. Kunyit

Bumbu kuning yang tebal ini mungkin bukan makanan super yang kita semua harapkan, tetapi ada bukti anekdotal bahwa itu dapat membantu melawan flu.

8. Bayam

Bayam mengandung zat besi, folat, serat, antioksidan, dan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. 

9. Yoghurt

Probiotik adalah teman terbaik Anda untuk tetap sehat. Secara alami ditemukan di yogurt, tidak hanya sehat tetapi juga dapat membantu meringankan demam. 

Itulah sembilan bahan yang bisa Anda jadikan referensi untuk menambah daftar menu keseharian Anda. Walaupun banyak faktor yang dapat menyebabkan terganggunya metabolisme, akan tetapi tidak ada salahnya apabila kita lebih wasapada terhadap kesehatan dan menjaga pola asupan makan kita dengan baik.  


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA