Sabtu, H / 31 Juli 2021

7 Minuman Hangat Khas Nusantara (1)

Senin 15 Jun 2020 15:53 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA - Ada yang bilang, jika minuman herbal, yang menyehatkan tubuh bisa disebut sebagai salah satu tameng untuk melawan virus. Salah satunya virus corona yang sudah memakan ribuan nyawa manusia.

Menurut beberapa informasi, terdapat 7 minuman hangat khas nusantara. Minuman yang terbuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu. Lalu dicampur ke dalam air panas. 

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wedang. Wedang adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas.

Berikut macam-macam wedang atau minuman hangat khas nusantara, di antaranya:

. Wedang Uwuh

Salah satu wedang yang dibuat dari beberapa bahan. Minuman hangat ini khas dari Yogyakarta. Terbuat dari rebusan jahe, kayu secang, cengkeh (bunga, batang, dan daunnya). Lalu terdapat kayu manis sekaligus daunnya, pala beserta daunnya, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah.


. Wedang Ronde

Sajian yang cocok disantap saat hujan. Wedang ronde merupakan minuman atau makanan yang bisa ditemukan di daerah Jawa Tengah termasuk Solo. Wedang ronde terdiri dari kuah yang terbuat dari jahe, gula merah, dan pandan.



<more>


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA