Jumat, H / 23 Agustus 2019

Tips Khatam Quran di Bulan Ramadhan

Jumat 05 Apr 2019 09:14 WIB

Reporter :Redaksi

Alquran

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA - Bulan Ramadhan menjadi bulan untuk memperbaiki ibadah. Selain menjadi bulan penuh rahmat tempat orang berpuasa, tapi juga menjadi waktu dilipatgandakan ganjaran dari amal ibadah kita.


Tentu banyak yang memiliki resolusi untuk menyambut ramadhan. Untuk anak-anak yang baru belajar berpuasa punya target untuk tidak bolong satu pun puasanya. Beberapa orang juga memiliki target untuk itikaf di 10 malam terakhir. Atau ada juga target borong barang diskonan 1 minggu sebelum puasa?


Sebaiknya kita membuat resolusi untuk memperbaiki ibadah. Salah satu contohnya adalah target mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan. Dalam suatu riwayat, Imam Nawawi mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan hingga 60 kali, 1 hari dua kali khatam.


Baca juga: Manfaat Kurma saat Sahur dan Berbuka Puasa


Sedangkan kita? bisa kah kita mengkhatamkan Quran 1 kali saja dalam sebulan? Mungkin saja bisa, berikut adalah tips untuk mengkhatamkan Alquran minimal 1 kali dalam bulan Ramadhan.


1. Niat yang kuat.


Harus ada niat yang kuat untuk mengkhatamkan Quran di bulan Ramadhan. Kenapa niat harus kuat? karena ada waktunya ketika kita mulai melempem dan bosan. Saat itu lah kita harus mengingat niat kita untuk apa kita ingin mengkhatamkan Quran.


Baca juga: Cara Membuat Es Buah untuk Berbuka Puasa


2. Istiqomah atau Konsisten


Konsistensi harus terlatih, karena ketika tidak konsisten bisa jadi kita akan kelelahan mengejar target kita. Semisal agar ringan mengkhatamkan Quran, bisa membaca setiap sehabis shalat sekitar 2 lembar Quran. jika satu juz=10 lembar atau 20 halaman, maka setelah shalat Isya kita sudah mendapatkan 1 juz.


3. Membaca keutamaan Alquran untuk mengunggah motivasi


Hal tersebut perlu, ketika kita mulai demotivasi. Ramadhan adalah bulan di mana kita dilipatgandakan pahalanya. Membaca satu huruf Quran, memberikan 10 pahala di bulan Ramadhan.


Baca juga: Tempat Berbuka Recomended Banget


Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk bertemu Ramadhan dan diberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah terbaik kita. Aamiin.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA