Kamis, H / 28 Maret 2024

Wisata Bahari Lamongan

Rabu 16 Feb 2022 19:11 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin (Guru SMPN Karanggeneng Lamongan)


ESQNews.id, JAKARTA – Sungguh beruntung menjadi santri IRo society. Grup WA yang didirikan oleh Prof. Imam Robandi, ketua dewan profesor ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya). Anggotanya dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan dan Papua. Saya merupakan anggota yang bertinggal di provinsi Jawa Timur kabupaten Lamongan Kecamatan Solokuro Desa Takerharjo. Selain saya, masih ada beberapa lagi IRo Lamongan, di antaranya Bu dokter Izzuki, Pak Sueb Babat, Pak Ali Paciran, Pak Bambang Mantup, Pak Gatot Ngimbang, Pak Suud Modo dan Bu Elisatin Solokuro.


Meskipun sesama Lamongan, saya belum pernah berjumpa di dunia nyata. Kami hanya menyapa melalui zoom meeting tiap kajian spesial Jumat malam. Alhamdulillah pandemi kian melandai. Karenanya salah satu di antara kami telah mengundang Prof. Imam Robandi. Tujuannya memberikan inspirasi dan motivasi di Yayasan Al-Amin Tunggul Paciran.


Bu Izzuki selaku ketua yayasan, mengharap dengan hormat kedatangan saya pada Sabtu 18/12/2021 pukul 13.30. Lantaran jaraknya sekitar 10 km. Apalagi kami telah bertukar karya autobiografi. Lagian bukankah menghadiri undangan hukumnya wajib.


Bu Izzuki mengirim pesan jam 11.00. Saya diminta segera ke rumahnya. Saya memohon maaf, sebab bersamaan hujan lebat. Sejam kemudian hujan reda. Dengan nama Allah saya keluar rumah.


<more>


Pukul 13.13 saya berjumpa Prof. Imam dan Bu Izzuki untuk kali pertama. Saya bersecepat menjabat tangan beliau. Lalu kami menikmati makan siang. Misalnya seafood, pisang, dan jus. Nikmatnya tiada ujung.


Sesudah itu kami ke WBL (Wisata Bahari Lamongan). Ketua dewan profesor ITS itu tiada henti mengajarkan apa yang tidak kami ketahui. Seperti macan kurang dari 12 ekor tidak akan berani menyerang gajah. Gerbang sekolah seyogyanya memanfaatkan batu kapur (saren) dan ditanami bunga. Suara merdu perlu latihan bersuara di tebing. Baik azan maupun nembang. Kerapian, mencintai laut dan menanam cemara pun menjadi perhatian beliau.


Kami makin terpesona. Sebab spot di Wisata Bahari Lamongan terus bertambah, di antaranya Beach Playground, Bird Park, Gazebo Pantai, Mini Colombus (IBL),  Sarang Bajak Laut,  Istana Boneka, Crazy Car dan seafood yang lezatnya tiada duanya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA