Jumat, H / 29 Maret 2024

Walikota Palangka Raya & Jajaran Hadir ke Menara 165-Jakarta, Terima Penghargaan Juara 1 Nasional Nilai Berorientasi Pelayanan

Rabu 03 May 2023 21:57 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Walikota Palangka Raya Fairid Naparin bersama rombongan berkesempatan hadir di Menara 165 Jakarta pada tanggal 3 Mei 2023. Dengan tujuan untuk menerima langsung piala serta piagam penghargaan juara 1 nasional Nilai Berorientasi Pelayanan dalam BerAKHLAK dari ACT Consulting International.


Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting International) memberikan piala dan piagamnya kepada Fairid Naparin dengan suasana penuh suka cita.


"Saya mengucapkan selamat kepada Pemko Palangka Raya yang nilai Berorientasi Pelayanannya menjadi yang tertinggi di atas rata rata nasional yakni 70,5% dengan kategori B," kata Ary mengapresiasi.


Menurut Ary, keberhasilan ini juga dilandasi atas keseriusan dari Kementerian Dalam Negeri di bawah kepemimpinan Mendagri Tito Karnavian, Suhajar Diantoro (Sekjen Kemendagri) bersama jajarannya yang secara gercep dan responsif menggaungkan Core Values ASN BerAKHLAK serta Employer Branding Bangga Melayani Bangsa sejak diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021.


"Selamat Pak Tito, Pak Suhajar bersama jajaran yang sukses menyebarkan Core Values BerAKHLAK ini. Tak lupa, saya ucapkan terimakasih kepada Karo Ortala Kemendagri Supraytino atas dedikasinya selama ini. Semoga sehat selalu," ucap Ary sambil tersenyum.


Kemendagri juga berharap, dengan mengimplementasikan nilai nilai ASN yang baru ini di lingkupnya menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.




Hasil ini dilatarbelakangi oleh ACT Consulting International yang mendapat amanah dari KemenPANRB untuk mengukur kesehatan budaya kerja (penerapan core values BerAKHLAK) di seluruh Kementerian, Lembaga, Pemkab, Pemprov, Pemkot dan lainnya termasuk Palangka Raya.


"Selamat buat Pak Wali dan rekan rekan, ini harus diberikan penghargaan. Saya sudah koordinasi dengan KemenPANRB untuk memberikan apresiasi kepada yang berprestasi."




Lebih lanjut, "Hasil ini wajar Pak atau selaras dengan Palangka Raya yang meraih penghargaan anugerah Adipura Tahun 2022 untuk kategori Kota Sedang."


Selain Berorientasi Pelayanan yang nilainya di atas rata rata nasional, Pemko Palangka Raya juga unggul di nilai Kompeten, Harmonis dan Kolaboratif.




"Namun izin Pak Wali masih ada PR untuk nilai Loyal dan Adaptif mengingat tantangan terus berubah, teknologi semakin canggih, tuntutan masyarakat berubah sehingga perlu dibenahi. Kita harus sampaikan agar bisa waspada terhadap ini," jelas pendiri Menara 165 itu.



Dengan pakaian yang serba formal, Walikota Palangka Raya bersama rekannya menerima penghargaan tersebut dan mengabadikannya lewat foto bersama.




"Saya tidak menyangka bisa sebaik itu hasilnya, dapat juara nasional malah. Tapi memang ini selaras dengan apa yang kita usahakan setiap harinya. Saya bersama yang lain tekankan agar selalu melayani masyarakatnya," ucap Fairid.


Dikatakan olehnya, "Saya juga terkejut karena tidak mudah menjadi Pemko yang terbaik Se Indonesia."




"Saya juga bersyukur karena teringat pada saat dilantik dulu jadi walikota Palangka Raya, saya menyadari saat ini saya tidak bisa hanya memikirkan dunia tetapi hati dan raga saya sudah milik masyarakat dan Kota Palangka Raya bahkan untuk bangsa dan negara," sambungnya.


Ia juga sampaikan keinginannya untuk Kota Palangka Raya khususnya dan Kalimantan Tengah umumnya.




"Agar bisa lebih dipandang lagi. maksudnya bukan minta dihormati tetapi dipandang suatu kelebihannya bukan kekurangannya atau permasalahannya."


"Saya harap nama Kota Palangka Raya maupun Kalimantan Tengah bisa diangkat harkat martabatnya. Itulah keinginan saya," tutupnya.



Sebelumnya, Pemko Palangka Raya melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palangka Raya melaksanakan Pelatihan Pengembangan Diri Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK Based Leadership Pemko Palangka Raya, Rabu tanggal 1 Maret 2023 di Menara 165 Jakarta.


Terselenggaranya moment ini adalah salah satu bentuk sinergitas antara Pemkot Palangka Raya dengan ESQ/ACT Consulting International.


Fairid yang juga hadir sebagai peserta mengatakan bahwa pelatihan pengembangan diri bagi pimpinan atau leader Pemkot ini diikuti oleh pejabat eselon II baik asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah serta pejabat eselon III yang merupakan kepala unit kerja dan camat.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA