Selasa, H / 05 Juli 2022

Tumpeng Sertijab Kartar

Selasa 22 Feb 2022 11:15 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin (Ketua LPMD Takerharjo Solokuro Lamongan)


ESQNews.id, JAKARTA – Karang Taruna (Kartar) Takerharjo Solokuro Lamongan melayangkan surat undangan. Keperluannya silaturahmi dan serah terima jabatan (sertijab). Event yang diselenggarakan Sabtu 12/2/2022 jam 20.22 di Balai Desa Takerharjo dihadiri tujuh  puluhan orang.


Acaranya meliputi pembukaan yang dipimpin MC. Berikutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kartar. Setelah prakata panitia lalu pembacaan SK dari Sekdes. Selain itu ada beberapa sambutan, yakni ketua Kartar domisioner (Rislu) seraya menyerahkan sisa anggaran Rp. 24.000.000. Ketua terpilih (Irham) berharap dapat mewujudkan semboyan ngunduh wohing pakarti. Sementara kepala dusun (Ikram) menekankan persatuan dan kerjasama. Peribahasa menyebutkan, "Bersatu kita teguh bercerai kita jatuh." Hadis riwayat Ahmad pun menyebutkan, "Bersatu itu rahmat dan bercerai berai itu azab."


<more>


Selepas doa oleh H. Supyan (BPD), dilakukan foto bersama dan ramah tamah. Saat percakapan santai tumpeng dihidangkan. Saya atas nama LPM ditugasi memotongnya dan diikuti Linmas atau hansip.


Selanjutnya kami menikmati nasi uduk alias nasi lemak dalam bentuk seperti kerucut itu. Nasi lemak adalah jenis makanan khas suku Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia. Kemudian hidangan ini dipopulerkan TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Khususnya ibu pedagang nasi yang pulang dari negeri Jiran tersebut. Jumlah tenaga kerja wanita di Takerharjo yang ke Malaysia sekitar seratusan.


Berdasarkan Wikipedia, bahan utama tumpeng adalah nasi dimasak dalam santan dengan daun pandan dan disajikan dengan sambal, ikan teri, mentimun, dan berbagai lauk pauk. Misalnya ayam, telur, tempe, dan kacang panjang. Manfaatnya menjaga fungsi jaringan saraf dan otot. Karena kandungan yang ada di dalam nasi lemak memiliki senyawa kalium. Ia berperan di dalam berbagai metabolisme tubuh. Selain itu, senyawa tersebut mempunyai peranan sebagai elektrolit tubuh.


Elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang terdapat di dalam sel, jaringan, dan cairan tubuh, termasuk darah, urine, dan keringat. Singkat kata Tumpeng Sertijab Kartar sangat gurih dan bikin laper.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA