Jumat, H / 29 Maret 2024

Terjun Langsung! Program Bisnis Keluarga ESQ Business School Kunjungan Belajar ke Bakrie Tower

Sabtu 27 May 2023 22:41 WIB

Reporter :Nisa Mufidah

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Membangun bisnis bukan sesuatu yang dianggap mudah, namun yang lebih sulit lagi dinyatakan bahwa melanjutkan bisnis keluarga hingga turun ke beberapa generasi.


Membuat bisnis keluarga tetap bertahan perlu banyak yang dipelajari, terlebih menyatukan visi misi antar generasi. Inilah yang dilakukan oleh ESQ Business School dalam program Second Generation.





Belajar dari berbagai expert bisnis keluarga, kali ini program Second Generation ESQ Business School mengadakan kunjungan belajar ke Bakrie Tower dan belajar langsung dengan Okder Pendrian selaku Chief Human Capital & Office Support PT. Bakrie & Brothers Tbk. pada hari kamis, 25 Mei 2023 di lantai 36, Bakrie Tower.

Program kerjasama dengan Bakrie Learning Center membawa mahasiswa ESQ Business School program Second Generation dalam antusiasme belajar dan termotivasi untuk terus mempertahankan bahkan membesarkan bisnis keluarga.





“Tantangan krusial yang dihadapi oleh generasi kedua adalah bagaimana mengembangkan kepemimpinan, membangun kompetensi bisnis, bagaimana peran mentor dalam membangun kemampuan, bagaimana peran mereka melestarikan dan menghidupkan nilai-nilai keluarga, juga bagaimana mereka mewujudkan kesinambungan perusahaan.” Tutur Okder di hadapan mahasiswa ESQ Business School program Second Generation.

Melanjutkan dengan memberikan highlight dalam ucapannya, Okder berkata bahwa “Tantangan terbesar dalam setiap perusahaan keluarga adalah mempertahankan perusahaan agar tetap hidup sepanjang masa.”

Sehingga dengan banyaknya tantangan terhadap generasi selanjutnya bisnis keluarga, ESQ Business School hadir dengan program Second Generation untuk membantu mengedukasi bahwa bisnis keluarga bukan sekedar bicara tentang bisnis berjalan, namun value yang diturunkan.

<more>

Hal tersebut juga sejalan dengan materi yang disampaikan oleh Okder mengenai bisnis strategi yang dilakukan oleh Bakrie & Brothers.

Bisnis yang didirikan akan bertahan lama saat memiliki core values (nilai nilai dasar) sebagai tiang berdirinya.





Okder menyampaikan dalam Bakrie & Brothers ada yang dinamakan Bakrie Charter & Core Values.

“Keindonesiaan. Nilai dari cara pandang, motif, dan tindakan insan Bakrie yang bangga sebagai bangsa Indonesia, berwawasan global, dan berkontribusi bagi masyarakat dunia.

Kebersamaan, yakni akan insan Bakrie mengedepankan sinergi dalam keberagamaan. Serta kebermanfaatan, yaitu insan bakrie mengutamakan efektivitas dan efisiensi sumber daya untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.”





Nilai-nilai perusahaanlah yang dimaksud sebagai value turun-temurun yang harus ada dalam generasi-generasi berikutnya.

Melalui kunjungan ke Bakrie Tower, mahasiswa ESQ Business School program Second Generation mendapatkan insight mengenai bagaimana membuat bisnis keluarga tetap berdiri “seumur hidup” dengan value yang terus berkesinambungan.

Kegiatan belajar langsung bersama profesional dari Bakrie Group menaikkan semangat para mahasiswa untuk terus membesarkan bisnis keluarga.





Pun dengan Abdullah Azzam, seorang mahasiswa program Second Generation di ESQ Business School sebagai penerus bisnis keluarga yang berkiprah di bidang makanan, yaitu Sabana Fried Chicken. Dia merasakan manfaat dari kunjungan ke Bakrie Tower.

“Perusahaan Bakrie bisa besar karena banyak impact kepada masyarakat. Tidak ada uang sepersenpun yang keluar tanpa bermanfaat.



Inilah yang kami dapat, bahwa bisnis keluarga bukan hanya untuk finansial keluarga, tapi memberikan kebermanfaatan pada masyarakat luar.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA