Selasa, H / 04 Oktober 2022

Tengok Kedai Kopi Starbucks dengan Pemasaran 4 C-nya

Kamis 10 Mar 2022 09:07 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: nestleusa.com

ESQNews.id, JAKARTA - Melansir dari laman Xaham.id, sebuah bisnis itu tidak hanya berfokus pada pemasaran dan penjualan produk saja, tetapi juga pada komunikasi dengan target audiens dari awal proses hingga akhir. 

Seperti halnya dalam dunia marketing yang menggunakan metode Pemasaran 4 C yakni Consumer wants and needs, Cost, Convenience, dan Communication, berikut penjelasannya:

1. Consumer wants and needs

Strategi pemasaran ini penting bagi bisnis yang tertarik untuk mencari pemahaman tentang pelanggan mereka. Jika sudah mengerti, akan lebih mudah untuk membuat produk yang akan bermanfaat bagi mereka. Pelanggan membuat keputusan pembelian. Oleh karenanya, Consumer wants and needs merupakan sumber daya yang paling berharga dalam strategi pemasaran apapun.

2. Cost

Cost atau biaya. Jangan bingung antara biaya produk dengan harganya. Harga hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan biaya pembelian suatu produk kepada pelanggan. Penting untuk menentukan biaya keseluruhan, namun bukan dari sisi harga. Biaya tidak hanya mencakup harga barang, tetapi juga dapat mencakup hal-hal seperti waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk sampai ke lokasi untuk membeli produk, atau biaya bahan bakar yang diperlukan untuk mendatangi lokasi.

<more>

3. Convenience

C ketiga adalah Convenience atau kenyamanan. Kenyamanan mirip dengan “tempat” dalam strategi pemasaran 4 P. Namun, keduanya sangat berbeda. Tempat hanya mengacu pada dimana produk akan dijual. Kenyamanan adalah pendekatan yang lebih berorientasi pada pelanggan untuk strategi pemasaran ini. Jadi kalian juga harus mengetahui apakah mereka berbelanja online atau di toko, serta apa yang mereka mau lakukan untuk produk. Biaya keseluruhan produk akan menentukan sebagian kenyamanannya bagi target audiens.

4. Communication

C keempat adalah Communication. Komunikasi selalu menjadi kunci pemasaran bisnis; tanpa itu, 4 C tidak akan efektif. Komunikasi adalah pendekatan yang berorientasi pada pelanggan untuk menjual produk. Komunikasi membutuhkan interaksi antara pembeli dan penjual. Strategi pemasaran ini dapat dengan sangat mudah diterapkan melalui penggunaan media sosial.



Starbucks menjadi salah satu perusahaan kopi yang menggunakan elemen 4 C, dan berikut ini paparan selengkapnya terkait pemasaran 4 C:

1. Consumer: Starbucks mempunyai situs feedback dan customer voice bagi pembeli terpilih untuk memberikan tanggapan atau masukkan mengenai produk dan layanan.

2. Cost: Starbucks membuka gerainya di kawasan yang sesuai target pasarnya seperti perkantoran dan mall. Sehingga cost pembeli yang dikeluarkan tidak begitu besar.

3. Convenience: Tidak hanya pembelian secara langsung, kalian dapat membeli produknya dari aplikasi pesan antar makanan.

4. Communication: Starbucks mengkomunikasikan produk yang dimiliki melalui beberapa sosial media.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA