Jumat, H / 22 Oktober 2021

Sabar Ajah, Gampang kan?

Senin 20 Sep 2021 15:58 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Illustrasi

Foto: blog.delcampe.net

Oleh: Siauw Gie (Siswa kelas 9 di MILBoS)

ESQNews.id, JAKARTA - Lisan, dan perbuatan menunjukkan isi hati seseorang. Tidak semua yang kita dapatkan terasa enak dan cocok di perasaan. Setiap orang itu unik. Begitu juga dengan perbuatan yang dibagi menjadi kebaikan dan keburukan. Kalau pribahasa mengatakan “Mulutmu harimaumu”, maka katakan, “Perbuatanmu tanggung jawabmu."

Ada orang berpotensi tapi terhenti karena bullyan. Tak sedikit juga orang yang berhasil karena mendapat banyaknya tekanan. Kesombongan? Hanya untuk orang recehan yang tak puas dengan sedikitnya pencapaian. Pembully-an? Hanya untuk orang yang tak suka dengan kelebihan seseorang.

Cobaan itu bagaikan bumbu yang menambah cita rasa. Terkadang itu pahit. Tapi itu bisa menambah rasa nikmat. Semakin banyak cita rasa, menjadi semakin indah rasa itu sendiri. Sehingga cerita akan menjadi semakin seru dan menantang. Seorang pelaut menjadi hebat karena ombak besar datang silih berganti. Tentara menjadi kuat karena semakin banyak musuh yang kuat pula.




Sebuah tingkah laku dipengaruhi oleh lingkungan. Maka pilihlah teman yang baik, yang dapat menarik kita ke dalam kebaikan. Sebagaimana Rasulullah agar senantiasa memperhatikan dengan siapa ia berteman. Karena teman sangat banyak mempengaruhi kepribadian kita. Maka jangan ragu untuk memilih teman. Dan pula jangan malu. Jangan teman, sandal saja kita pilih-pilih.

Jika ada suatu permasalahan yang terpendam dalam hati dan itu menyakitkan, lebih baik diikhlaskan. Sebab, sesuatu yang dipendam ada akhirnya akan menjadi penyakit. Sebagian besar penyakit, lebih sering disebabkan oleh faktor psikis dibanding fisik. Tak heran bila kita dapati orang yang sakit ketika mengalami kerugian besar dalam bisnisnya. Atau mungkin sakit bertahun-tahun karena ditinggal keluarga.


<more>


Hidup itu memang butuh sabar. Masalah itu pasti datang. Namun sikap kita sangat menentukan. Apakah akan mengeluh dan mengutuk setiap masalah yang datang. Atau sabar dan mengambil pelajaran yang ada. Seperti yang dikatakan sebagian orang, “Kesabaran membantu dalam semua pekerjaan."

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA