Minggu, H / 29 Januari 2023

Rumah Tangga Bahagia

Selasa 30 Nov 2021 10:16 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: educaloi.qc.ca

Oleh: Mushlihin, Sekretaris PRM Takerharjo Solokuro Lamongan


ESQNews.id, JAKARTA - Alhamdulillah Ahad 28-11-2021 pukul 13.00 kami dapat menghadiri walimatul ursy Rosa binti Abdul Wahab Takerharjo dengan Fanani bin Suminto Prijek. Kami dipertemukan dengan KH Nurul Anwar. Kami juga dipercaya mewakili tuan rumah untuk memberikan kata sambutan sekaligus wejangan.


Kami menyampaikan bahwa tiada keluarga yang mau mengalami prahara. Semua pasutri menginginkan rumah tangga bahagia. Allah jua menghendaki rumah tangga hamba-Nya bahagia. Maka penuhi lima aspek pokok kehidupan berikut ini:


Pertama pahami ilmu agama. Budayakan salat jamaah. Biasakan membaca Alquran. Perbanyak zikir dan doa. Ucapkan bismillah setiap memulai pekerjaan dan alhamdulilah saban mengakhiri pekerjaan atau bersetubuh. Pun ucapkan salam setiap bertemu sesama muslim dan masuk rumah.


Kedua terlaksananya pendidikan dalam keluarga. Misalnya yang dituntunkan oleh Luqman Al-Hakim kepada putranya. Di antaranya pendidikan tauhid, pengetahuan, keterampilan, akhlaq dan kemandirian.


Ketiga terwujudnya kesehatan keluarga. Upayakan perilaku hidup sehat. Jagalah kebersihan rumah dan lingkungan. Berolahraga secara rutin. Tingkatkan gizi pola 4 sehat 5 sempurna.


Keempat terciptanya ekonomi keluarga yang sejahtera. Miliki kekayaan secara halal dan baik. Kendalikan keuangan secara hemat, tetapi tidak kikir. Biasakan menabung. Manfaatkan pekarangan untuk industri rumah tangga.


Kelima jalin hubungan kekeluargaan yang selaras. Caranya sesekali makan bersama dan rekreasi. Tumbuhkan sopan santun, keterbukaan, saling memiliki, menghargai, dan memaafkan. Kemudian bila kita tidak menyukai mereka, maka bersabarlah, karena boleh Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. Lagian jagalah rahasia pribadi masing-masing. Lantaran yang paling dimurkai Allah di hari kiamat ialah suami yang menyiarkan rahasia istri.



Selain itu kami berpesan kepada pengantin wanita. Jadilah istri salehah. Sebagaimana sabda Rasulullah, "Jika seorang istri salat lima waktu, puasa Ramadan, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka dikatakan kepadanya, masuklah kamu ke surga dari pintu mana yang kamu kehendaki." (HR. Ahmad)


Sementara untuk pengantin pria kami menasihatkan. Ingatlah sabda Rasulullah, "Orang yang paling baik di antara kamu sekalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya. Orang yang paling mulia yaitu orang yang memuliakan istri, dan orang yang menghina wanita adalah orang yang paling hina." (HR. Ibnu Asakir)


Akhirnya, semoga Allah memberkahi kita. Allah juga mengumpulkan kita dalam kebaikan. Baik dalam keadaan suka maupun duka.


بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA