Minggu, H / 14 Juli 2024

RSUD Pasar Minggu Ikuti Training ESQ Service Excellence

Kamis 27 Aug 2020 16:20 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Para staff RSUD Pasar Minggu

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu melayani pasien Umum dan BPJS. RSUD Pasar Minggu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan efektif. Untuk memberikan nilai terbaik, sehingga menjadi pilihan utama bagi semua masyarakat dan perusahaan.


Terbukti dari banyaknya penghargaan yang diraih, di antaranya: Piagam Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik oleh Kemenpan RB, Rumah Sakit Indonesia Terbaik oleh Pusat Rekor Indonesia, RS Terbaik dalam memberikan Pelayanan Kepada Pasien di DKI Jakarta oleh Relawan Indonesia, dan penghargaan lainnya.


<more>


“SDM memberikan pelayanan kepada Rumah Sakit. Mengasah bagaimana caranya memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan kita. Kita sebagai Rumah Sakit Pemerintah juga dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik,” tutur dr. Yudi Amiarno Sp., U., kepada 50 orang yang hadir di Aula RSUD Pasar Minggu.


Untuk lebih memaksimalkan kinerja atau pelayanan di RSUD Pasar Minggu. Diselenggarakan training ESQ Service Excellence selama dua hari (27-28/8/20). Bertujuan untuk:


- Memahami peran pekerjaan mereka

- Mampu menghadapi dan merespon keadaan dampak pandemi Covid-19

- Mampu melayani pasien dan menangani komplain / panic attack masyarakat




“Maka dari itu, kami adakan kerja sama dengan ESQ. Untuk mengarahkan kami, memberikan motivasi dalam bekerja dengan nyaman. Mohon bapak dan ibu sekalian bisa mengikuti secara fokus. Setelah training ini selesai bisa diterapkan,” lanjut Direktur Utama RSUD Pasar Minggu.


ESQ mempersembahkan para Lisensi dari Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian dalam mengisi event tersebut. Dipandu langsung oleh Coach Rendy Yusran, dan Coach Hasan.




Memperkenalkan ESQ Matrix, agar mengetahui siapa kita? Dimana kita? Mau kemana kita? Dengan begitu kita semua akan tahu apa tujuan dan makna terbesar dalam hidup ini.




Tak hanya itu, ilmu hebat lainnya dijelaskan secara gamblang oleh para Coach. Yaitu tentang rumus ERO (Event + Respon = Outcome).


Maksudnya, Situasi yang terjadi saat ini katakanlah corona, tidak bisa dekat dengan orang, itu semua membuat kita panik. Bahkan kita bisa kehilangan mata pencaharian. Kita bisa marah atau kesal.


Event itu sudah datang, corona tidak bisa kita tolak. Tapi kita bisa kelola respon. Mengapa? Apabila kita menginginan outcome berhasil menjadi orang yang berbahagia. Kita harus bisa mengubah respon. Tergantung negatif atau positif itu akan menentukan hasilnya.




Agar melengkapi materi, Coach Rendy juga memberikan tips bagaimana cara berkomunikasi yang efektif. Supaya, tutur kata, cara penyampaian saat pelayanan kepada pasien dan pelanggan yang berbeda karakter, semakin terlatih. Ini tipsnya:


1. Berbicara dengan antusias dan sopan. Mendengar sekaligus menyimak apa yang diinginkan oleh customer membuat kita harus memberi tanggapan dengan cara yang efektif. Anda sebagai orang yang bekerja di bidang pelayanan harus memberikan feedback dengan antusias seolah Anda ingin membantu persoalan yang sedang customer hadapi.


2. Berikan pertanyaan umum yang bersifat terbuka. Coba sapa mereka dengan senyuman dan pertanyaan umum seperti "Ada yang bisa saya bantu, bapak/ibu?" dengan begitu customer pun merasa nyaman untuk menceritakan keluhan tanpa harus merasa terintimidasi.


3. Bahasa tubuh yang baik. Ketika Anda sedang berkomunikasi dengan lawan bicara, gunakanlah bahasa tubuh yang baik, agar lawan bicara merasa nyaman. Dengan begitu, proses komunikasi yang Anda jalin bersama lawan bicara pun lancar dan efektif.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA