Jumat, H / 30 Juli 2021

Rencana Keuangan Sebelum Pensiun Dini, ESQ MPP Berikan Tips Ini!

Jumat 11 Jun 2021 11:01 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: thisladyblogs.com

ESQNews.id, JAKARTA - Pensiun dini sedang ramai ditawarkan oleh banyak perusahaan. Di masa pandemi sekarang, pensiun dini memang salah satu cara untuk memulihkan kinerja perusahaan.


Jika perusahaan kalian hendak menawarkan pensiun dini pada karyawan, jangan lupa berikan wawasan soal rencana keuangan sebelum pensiun dini. Berikut tips singkatnya dari ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP):


>> Hitung utang

Calon pensiun harus bisa membuat daftar dan menghitung hutang yang dimilikinya, misalnya kredit pemilikan rumah (KPR), cicilan kartu kredit, dan cicilan lain. Mereka harus bisa menimbang, apakah beban hutang ini bisa diselesaikan sebelum pensiun dini dimulai. Atau opsi lainnya, mereka hanya perlu membuat rencana yang lebih detail agar hutang tidak menjadi beban nantinya.


>> Dana darurat

Dana ini meliputi dana yang akan digunakan ketika sakit, mengalami kerugian akibat kebangkrutan bisnis, atau bencana lainnya.


>> Lengkapi asuransi

Asuransi juga penting agar dana teralokasi untuk kesehatan, kematian, kecelakaan, pendidikan anak dan lain hal sebagainya. Perlu dipertimbangkan apakah pembayaran asuransi ini akan memberatkan para pensinunan nantinya.


>> Tabungan

Masih banyak di Indonesia yang belum sadar investasi. Padahal, tabungan jenis ini lebih mampu secara optimal melawan inflasi daripada tabungan jenis lain seperti tabungan giro atau deposito biasa. Namun sebelum berinvestasi perlajari lebih dulu sistem dan emitennya. Jangan sampai malah justru terjebak pada invetasi yang merugikan.


>> Rencana produktif

Tak hanya tabungan, berbisnis juga bisa jadi opsi menjanjikan daripada mencari pekerjaan lain setelah pensiun dini. Namun begitu, bisnis juga mengandung risiko jika tak dipersiapkan dengan baik. Maka jangan lupa, persiapkan diri dengan menambah wawasan soal berbisnis.


<more>


Untuk rencana dan pembekalan, Anda bisa mengkonsultasikannya pada kami, ESQ Masa Persiapan Pensiun yang sudah berpengalaman menangani calon pensiunan dari perusahaan maupun perorangan.


Informasi selanjutnya hubungi kami di 0821-2487-0050 (WA)


Atau kunjungi website kami di sini


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA