Kamis, H / 28 Maret 2024

Pramuka Tangsel Ikuti Pelatihan Bimtek

Rabu 07 Nov 2018 10:25 WIB

-

Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diany (tengah) saat memberikan pembinaan kepada ratusan anggota pramuka di Tangsel

Foto: ESQ Media/Pemkot Tangsel

ESQNews.id, CIPUTAT - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany melepas peserta bimbingan teknis (bimtek) gugus depan unggul Kota Tangsel sekaligus Festival Penggalang Ceria Kota Tangsel Tahun 2018.


Pelaksanaan bimtek berlangsung selama dua hari yakni Selasa (6/11) dan Rabu (7/11). Bertempat di Bogor. Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka berpartisipasi ikutserta meningkatkan kualitas pengelolaan kepramukaan di gugus depan khusus sekolah dasar baik negeri maupun swasta setiap tahunnya mempunyai agenda program kegiatan yaitu lomba gugus depan unggul dan festival penggalang ceria, yang sudah tahun ketiga dilaksanakan sejak tahun 2016, 2017 dan 2018, yang diikuti oleh gugus depan terbaik perwakilan setiap kwartir daerah se Indonesia termasuk kwarda banten.


"Ini membuktikan bahwa pendidikan kepramukaan merupakan sebuah kebutuhan yang harus dilaksanakan oleh semua lembaga pendidikan formal yang ada di Indonesia khususnya sekolah dasar sebagai gugus depan, apalagi di dalam permendikbud nomor 063 tahun 2014, disana jelas bahwa kepramukaan merupakan ekstrakulikuler wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di sekolah melalui 3 model yaitu model blok, model aktualisasi dan model regular,"ungkapnya.


Kegiatan pramuka ini pada akhirnya akan tercapai peserta didik kuat karakter spiritual dan sosial, mantap kebangsaan dan kenegaraan Indonesia, dan kokoh kecakapan diri sehingga peserta didik kelak mampu hidup di tengah-tengah masyarakat.


"Gugus depan pramuka basis satuan pendidikan merupakan Ujung Tombak Pembinaan Kepramukaan dan semua akan tercapai bila adanya pengelolaan gugus depan yang baik disetiap satuan pendidikan, baik pelaksanaan system administrasi satuan maupun program peserta didik kepramukaan itu sendiri dan adanya Lomba Gugus Depan Unggul yang setiap tahun dilaksanakan oleh kemendikbud RI merupakan wadah evaluasi sejauh mana gugus depan di Indonesia melakukan pengeloaan pendidikan kepramukaannya,"jelasnya.


Walikota mengajak untuk sama-sama melakukan perbaikan dalam pola pembinaan dan pengelolaan gugus depan basis satuan pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar kota Tangsel, dengan terus menerus melakukan bimbingan kepada para Pembina yang ada di gugus depan, yang saat ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangsel melalui Kegiatan bimtek Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tahun 2018.



Walikota pun mengucapkan selamat kepada Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangsel beserta jajarannya, yang telah berupaya keras terus menerus melaksanakan pembinaan kepada anggota pramuka , khususnya keikutsertaan gugus depan satuan pendidikan kota Tangsel yang berhasil mengikuti Lomba Gugus Depan Unggul Tingkat Nasional mewakili Provinsi Banten dengan bukti raihan prestasi yang membanggakan :


1.       Tahun 2016, di wakili oleh Gugus Depan SDI CIkal harapan BSD, dengan raihan menjadi Juara Harapan  1 Lomba Gugus Depan Unggul Tingkat Nasional di Provinsi Bali,


2.       Tahun 2017, di Wakili oleh Gugus Depan SD Annisa Pondok Aren , yang meraih prestasi : Juara III Lomba  Gudep Unggul, Juara I Festival Penggalang Ceria Putera dan Juara II Festival Penggalang Ceria Puteri Tingkat Nasional di Bogor Jawa barat;


Semoga prestasi ini dapat diikuti dan menjadi pemacu untuk gugus depan lainnya di kota Tangsel.


Sementara Ketua Harian Kwarcab Kota Tangsel, Sapta Mulyana, menjelaskan sebanyak 100 gugus depan sekolah mengikuti bimtek untuk gugus terdepan. "Bimtek ini dilakukan dalam rangka pembinaan untuk mempersiapkan pramuka yang handal, dikarenakan dalam pangkalan pramuka ada perlombaan yang dilakukan baik tingkat kwaran, kwarcab, dan kwarda serta Nasional, untuk itu bimtek ini perlu diselenggarakan,"katanya.


Bimtek ini dilakukan agar pramuka ini tertib adminitrasi, dan bisa terinventarisir seluruh kegiatan dari awal sampai akhir tahun, dan dapat dikelolah dengan baik dan tertib.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA