Jumat, H / 29 Maret 2024

Tips Komunikasi Agar Mempengaruhi Lawan Bicara

Kamis 25 Jul 2019 15:12 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

Menurut Dr. Mehrabian, non verbal communication berpengaruh 93% terhadap proses komunikasi. Verbal hanya berpengaruh 7%, selebihnya dipengaruhi oleh vocal dan visual.


ESQNews.id, JAKARTA - Agar pesan sampai kepada audiens, kepada lawan bicara bukan sekedar kata-kata. Namun perlu dibantu oleh vocal dan suara. Dengan suara dan teknik vocal yang tepat dan maksimal maka pesan akan menjadi 38% lebih maksimal diterima oleh lawan bicara.


Melansir dari salah satu Coach di ESQ Group, Coach Rendy Yusran melalui postingan IG-nya @RendyYusran (22/7). Tentang bagaimana caranya memaksimalkan vocal dan suara kita.



- Seminar Power Talk Kupas Kunci Sukses Berkomunikasi

- Corporate Gathering Power Talk 


Ini 6 teknik dasar vocalizing yang perlu dilatih dan dipelajari:


1. Intonasi: Jika intonasi pembicaraan kita dari awal hingga akhir datar orang akan bosan. Dan orang akan beralih ke hal yang lain.


2. Artikulasi:
 Pengucapan kita harus jelas. Huruf per huruf dalam setiap kata, maupun kata per kata dalam sebuah kalimat.


3.
Speed atau kecepatan: Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat. Speed mempengaruhi Artikulasi kita.


4. Pause atau jeda: Saat kita berbicara ada hal-hal penting. Kita perlu berikan sedikit waktu, sehingga lawan bicara memiliki masa. Untuk mengendapkan informasi penting tersebut ke dalam pikiran mereka.


5. Emphasis: Penekanan, karena setiap kalimat yang disampaikan oleh kita mengandung keyword-keyword menjadi pesan inti.


6. Voice Power: Kekuatan dan kebulatan suara, bukan sekedar volume suara namun tenaga suara kita akan mempengaruhi pesan.

 

Lancar berbicara semakin efektif berkomunikasi dan semakin berani. Semakin berani tampil dihadapan umum. Ikuti Training ESQ Power Talk.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA