Kamis, H / 17 Juni 2021

Perindustrian RI Saat Ini, Agus Gumiwang: Kita Optimis di Tahun 2021

Rabu 14 Oct 2020 19:39 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – “Merespon kondisi saat ini selaku industri telah mampu untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian untuk meningkatkan efisiensi keberlanjutan usaha,” demikian yang disampaikan oleh Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita di dalam Seminar Nasional Startup4industry pada Rabu (14/10/2020) via Zoom Meeting.

 

Tujuannya ialah ingin menunjukkan bawah teknologi dapat dimanfaatkan untuk masa adaptasi kebiasaan baru sebagai salah satu upaya penanganan dampak covid-19.

 

Sekaligus dalam seminar tersebut diluncurkan rangkaian program Startup4industry 2020, oleh: Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian RI), Gati Wibawaningsih (Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin RI), Ilham Akbar Habibie (Ketua Tim Pelaksana Wantiknas), Phillia Wibowo (Managing Partner McKinsey and Company Indonesia), dan Dwi Satriyo Annurogo (Direktur Utama PT. Petrokimia Gresik).

 

Startup4industry dimulai pada tahun 2018 sebagai tindak lanjut dari inisiatif Making Indonesia 4.0 sebagai wadah untuk membentuk ekosistem solusi teknologi utamanya teknologi industri 4.0 sekaligus menjembatani kebutuhan industri dengan penyedia teknologi.

 

Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan April 2020 yang lalu telah membawa dampak ke sektor industri, antara lain: kapasitas produksi dan pendapatan menurun, tuntutan untuk efisiensi perusahaan, bahkan sampai dengan tuntutan pola kerja baru dan pemanfaatan tekenologi yang lebih masif.

 

“Dalam kondisi seperti ini, kita optimis di tahun 2021 nanti kinerja serta pengolahan diperkirakan akan tumbuh sebesar 4,7% hingga 5,5%,” kata Agus Gumiwang.

 

Pemerintah telah menetapkan melalui Kementerian Perindustrian terkait target program substitusi import sebesar 35%, di tahun 2022.


“Kami mohon dukungan dan masukkannya, agar kita bisa mencapai target ini,” lanjutnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA