Selasa, H / 27 Februari 2024

Pemuda 20 Tahun Dibalik Zanana Chips (1)

Jumat 11 Jun 2021 13:47 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Gazan Azka Ghafara

Foto: Facebook

ESQNews.id, JAKARTA – Gazan Azka Ghafara, pemuda 20 tahun dibalik Zanana Chips. Ia memulai usaha sejak usia 16 tahun. Namun selalu berakhir dengan bangkrut karena kurangnya ilmu dan pengalaman berwirausaha.

 

Kemudian dengan semangat, doa, harapan, dan sisa uang yang ia miliki saat itu sebesar Rp 1.050.000, Gazan memulai bisnis untuk yang kesekian kalinya, yaitu keripik pisang Zanana Chips pada tanggal 28 November 2013.

 

Tidak mau mengulangi kesalahan yang sama seperti bisnis sebelumnya, Gazan memulai bisnisnya dengan meriset resep terbaik dengan tangannya sendiri. Ia mencoba mencampur berbagai bahan-bahan yang ia dapat dari banyak tempat sampai ia mendapatkan cita rasa bumbu yang pas.

 


<more>


Kurang lebih 1 bulan setelah mencoba-coba, Gazan menemukan resep bumbu coklat pertamanya. Untuk lebih meyakinkan dirinya, ia mulai memproduksi keripik pisang coklat dan dikemas dengan plastik biasa. Ia berniat menjual produknya itu dengan harga murah Rp 10.000 untuk mendapatkan feedback dari pasar yang akan membuat cita rasa keripik pisangnya sempurna.


Selama lebih dari 2 bulan, Gazan menggunakan strategi harga murah, gratis ongkos kirim, dan tanpa minimum order dengan tujuan agar banyak orang yang berani mencoba dan memberinya masukan untuk menyempurnakan produknya. Hujan dan panasnya terik matahari tak membuatnya lelah untuk mengantar produknya ke tangan konsumen.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA