Minggu, H / 14 Juli 2024

NASA Prediksi Salju Abadi Puncak Jaya akan Lenyap

Kamis 26 Jul 2018 10:31 WIB

Muhammad Tarmizi

Salju abadi di Puncak Jaya

Foto: Istimewa

Pada 1998, diperkirakan terdapat lima gletser yang berada di Puncak Jaya. Tetapi saat ini hanya tersisa tiga gletser saja.


ESQNews.id, JAKARTA – Puncak Jaya atau carstensz Pyramid merupakan sebuah puncak dari gunung tertinggi di Indonesia yang terdapat di provinsi Papua. Puncak termasuk sebagai salah satu dari tujuh puncak dunia dengan ketinggian 4.884 m dan dikelilingi oleh gletser carstensz, satu-satunya gletsertropika di Indonesia.


Gletser di Puncak Jaya tersebut pertama kali ditemukan oleh penjelajah Belanda bernama Jan Carstenszoon pada 1623 lalu. Sehingga, Puncak Jaya sebelumnya dikenal dengan nama Piramida Carstensz.


Pada 1998, diperkirakan terdapat lima gletser yang berada di Puncak Jaya. Tetapi saat ini hanya tersisa tiga gletser saja. Hal ini diakibatkan oleh peningkatan suhu bumi yang terus terjadi dan menyebabkan pemanasan global ekstrem di Indonesia.


Badan Penerbangan dan Antartika atau NASA (National Aeronautics and Space Administration) memprediksi Jika pemanasan tersebut terus terjadi, maka gletser di Puncak Jaya akan musnah pada 20 tahun mendatang.


Pada dasarnya, pemanasan global merupakan fenomena yang terjadi akibat peningkatan terhadap suhu bumi yang disebabkan oleh peningkatan emisi gas rumah kaca, seperti kardondioksia, metana, dan lain-lain. Dewasa ini, peningkatan emisi juga sering terjadi akibat pembakan kawasan hutan yang seharusnya dijadikan sebagai sumber oksigen bagi manusia.


Pemanasan global yang terus terjadi hingga saat ini akan sangat berbahaya bagi bumi, karena dapat mengakibatkan kerusakan lapisan ozon dan menyebabkan penderitaan dimana-mana. Oleh karena itu, kita sebagai manusia dapat menghambat fenomena tersebut dengan melakukan sebuah usaha kcil seperti menanam pohon di lingkungan sekitar demi masa depan yang lebih baik.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA