Jumat, H / 29 Maret 2024

Mugaba, Wisata Instagramable di Bandung yang Suguhkan Suasana Kapal Perang TNI AL

Rabu 04 Sep 2019 14:35 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Museum Galeri Bahari di Bandung dikelola oleh Yayasan Mugaba.

Foto: Ayobandung

ESQNews.id, BANDUNG - Dalam museum ini ada tiga segmen yang dirancang yakni pertama, segmen tentang jejak kehidupan seorang Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., kedua, segmen tentang kejayaan maritim dan ketiga, tentang kearifan lokal Kerajaan Sunda.


Museum dengan desain menyerupai Kapal Perang TNI Angkatan Laut yang sesungguhnya telah diresmikan di Bandung pada Minggu (1/9/2019). Bandung memiliki banyak museum yang patut dikunjungi, namun museum ini berbeda dengan museum lainnya. Museum yang diberi nama Museum Galeri Bahari (Mugaba) menyuguhkan suasana kapal perang TNI AL.


Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., selaku  Pembina Yayasan Mugaba didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M.,  serta Ny. Endah Ade Supandi meresmikan Museum Galeri Bahari di Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat.


“Museum Galeri Bahari (Mugaba) Banuraja sengaja dibangun di tanah leluhur, karena sebagai putra daerah ingin mengangkat harkat derajat daerah setempat dengan menjadikannya sebagai sebuah definasi  edukasi dan pariwisata yang dapat memberikan nilai manfaat bagi kebangkitan ekonomi serta dapat mendorong tumbuhnya kembali kesenian dan budaya lokal”, ungkap Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut, Minggu (1/9/2019).



Dalam kesempatan ini Wakasal Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., antara lain mengatakan Indonesia dikarunia letak geografis yang sangat strategis dan menguntungkan dengan sumber daya alam yang melimpah. Laut merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada kita untuk menjaga dan mengelola laut sebaik-baiknya agar tetap terjaga keutuhan dan kelestariannya.


“Dengan berdirinya Museum dan Galeri Bahari ini dapat menjadi momentum yang mampu memupuk dan mengembangkan kecintaan masyarakat terhadap laut, khususnya di kalangan generasi muda yang akan meneruskan perjuangan Indonesia menuju negara maritim yang kuat di masa mendatang”, ujar Wakasal.



Diakhir sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang telah menjadi penggagas dan pelopor berdirinya  museum ini sebagai bukti nyata kecintaannya terhadap dunia maritim. Di sela-sela sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para tokoh adat, tokoh agama dan pemerintah daerah serta lapisan masyarakat Banuraja yang telah mendukung terbangunnya museum dan galeri bahari di tanah Pasundan ini.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA