Jumat, H / 29 Maret 2024

Mikro-Break, Cara Sederhana Bahagia Dalam Bekerja

Kamis 19 Jul 2018 11:31 WIB

Muhammad Tarmizi

Ilustrasi

Foto: -

Mikro-Break merupakan jeda singkat untuk bersantai atau bersosialisasi yang diyakini dapat meningkatkan pengaruh positif dan membuat karyawan lebih bahagia dalam bekerja. 


ESQNews.id, JAKARTA – Setiap orang pasti akan merasakan lelah dan mengalami stres dalam rutinitas kerja. Hal ini membuat banyak perusahaan memberikan fasilitas untuk beristirahat seperti ruang istirahat, yang bertujuan untuk menarik para pekerja milenial.


Dilansir Time.com, terdapat sebuah bukti baru yang menunjukkan bahwa mengambil jeda singkat (micro-break) untuk bersantai atau bersosialisasi dapat meningkatkan pengaruh positif, dan membuat karyawan lebih bahagia dan lebih baik dalam melakukan pekerjaannya.


"Mikro-break tidak secara langsung menguntungkan kinerja, tetapi mereka melakukannya secara tidak langsung melalui dampaknya pada emosi positif karyawan," kata YoungAh Park, rekan penulis studi dan asisten profesor di Sekolah Hubungan Perburuhan dan Ketenagakerjaan di Universitas Illinois.


Studi lain dari Park baru-baru ini menghubungkan mikro-break dengan mengurangi stres, yang pada gilirannya menurunkan tingkat suasana hati dan emosi negatif pada akhir hari kerja. Namun Park enggan mengatakan berapa lama micro-break yang optimal atau seberapa sering itu harus terjadi, karena ia tidak mengukur factor-faktor tersebut.


Selain itu, di sisi lain, istirahat yang terlalu sering atau tidak tepat waktu juga dapat menurunkan kinerja karyawan. Hal tersebut, karena beberapa pekerjaan membutuhkan fokus yang mendalam dan berkelanjutan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA